Julie Laiskodat Bersama MPIG-KAFM Lakukan Diskusi Virtual di Caffe Mane Ruteng. 

Ruteng sorotNTT. Com-Dalam rangkaian Reses ke wilayah Kabupaten Manggarai, Julie Sutrisno Laiskodat, anggota komisi IV DPR RI, melakukan kegiatan diskusi virtual bersama MPIG-KAFM(Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis-Kopi Arabika Flores Manggarai), Selasa(21/7/2020)bertempat di Caffe Mane Ruteng.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pengembangan integritas pertanian agrowisata dan ekonomi kreatif berbasis kopi melalui pola kemitraan MPIG dan para pihak. 

BACA JUGA:  Wagub : Pengembangan Pariwisata NTT Butuh Digitalisasi

Bergabung sebagai pemateri dalam diskusi Virtual ini, Dr. Ir. Robinson Sinaga SH. LLM(Direktur Fasilitas Kekayaan Intelektual, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Dr. H. Riyaldi, MM(Ketua Asosiasi Indikasi Geografis Indonesia), Dirut BOP Labuan bajo Shana Fatina. 

Julie Laiskodat menyampaikan bahwa Kopi Manggarai sangat terkenal sampai ke luar negeri, namun petani kopinya belum makmur, harga ditentukan oleh pengepul kopi, ini sudah berlangsung lama dan harus dirubah. 

BACA JUGA:  Ketua GMNC, GEDE RAI P,A,M,SH Mengadakan Road Show

Julie menjelaskan, persoalan kopi harus diurus mulai dari hulu hingga hilirnya. Misalnya benih kopi diatur oleh kementrian dan lahannya diatur oleh pemerintah setempat. Sedangkan pemerintah provinsi membantu fasilitas penunjang baik sebelum maupun pasca panen kopi.