Bupati Manggarai, Tidak Ada Satu Pun BUMDes di Manggarai yang Sukses

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com- Tidak ada satu pun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di kabupaten itu yang sukses, demikian disampaikan Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai, Senin (01/03/2021).

Bupati Hery pun berjanji akan memanggil Kepala Inspektorat Manggarai untuk berdiskusi, sejauh mana dinas itu memeriksa pengelolaan anggaran Dana Desa di Manggarai.

“Kita tidak punya satu pun (BUMDes) yang sukses. Karena itu, saya mau, tahun ini satu saja dulu yang sukses sehingga bisa menjadi contoh untuk BUMDes yang lain,” ujar Bupati Hery kepada awak media usai menggelar acara Serah Terima Jabatan (Sertijab).

Apabila Inspektorat menemukan data-data yang tidak beres, maka Nabit berjanji untuk menindaklanjutinya.

Namun, apabila tidak ada temuan, maka anggaran itu dipersilakan untuk dikelola dengan baik dan bertanggung jawab agar berdampak positif terhadap kesejahteraan rakyat.

Hery Nabit menambahkan, selama ini setiap desa rutin melakukan penyertaan modal dari Dana Desa (DD) untuk BUMDes dengan nilai puluhan bahkan hingga ratusan juta. Namun tidak produktif untuk mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADES).