Munas V HIPMA-KT di Sangatta, Kutai Timur

4 Cabang Tolak Hasil Munas V HIPMA-KT

Daerah

Sangatta, SorotNTT.com – Sejumlah delegasi cabang HIPMA-KT yang hadir dalam pelaksanaan Munas V HIPMA-KT (Himpunan Pelajar Mahasiswa Kutai Timur) di Sangatta, Kutim akan melakukan Munas Tandingan sebagai bentuk kekecewaan dan penolakan terhadap hasil Munas.

Jerry Dwi Candra Wibowo, Ketua Cabang HIPMA-KT Bandung mengatakan, “Sudah sangat jelas ini barang sudah jadi dibawa ke forum, HIPMA-KT sekarang krisis jiwa idealisme sebagai mahasiswa. Kami sangat kecewa dengan prosesi pelaksanaan Munas yang tidak demokratis dan tidak mengakomodir aspirasi setiap cabang.”

Dicky Perwira, Ketua Cabang HIPMA-KT Yogyakarta mengungkapkan bahwa kecurangan sangat jelas terlihat dalam pelaksanaan Munas tersebut.

“Ini dibuktikan dengan adanya pelanggaran aturan dalam hal ini tata tertib yang disengaja oleh para pimpinan sidang saat melakukan sidang, serta pelanggaran aturan-aturan seperti AD/ART dan kriteria pencalonan dalam menyeleksi bakal calon ketua,” pungkas Dicky.

Sementara Ketua Cabang HIPMA-KT Malang, Wanda Destra Ramadhan yang menjadi korban ketidaknetralan Panitia Munas, menyampaikan kekecewaannya karena Munas HIPMA-KT V tidak berjalan sesuai AD/ART yang sudah ditetapkan.

“Dan dari kejadian itu, kami merasa bahwa Munas HIPMA-KT V sangat tidak kondusif. Hal ini juga sudah mencoreng nama baik HIPMA-KT karena mengangkat politisi parpol (caleg aktif) menjadi ketua. Kita tidak ingin organisasi kemahasiswaan dirasuki kepentingan partai politik,” tandas Wanda.

“Kami 4 cabang, yakni Jogja, Balikpapan, Bandung, dan Malang dengan spirit mengembalikan jati diri HIPMA-KT sebagai organisasi mahasiswa yang progresif sebagai pembawa perubahan, pengontrol kebijakan pemerintah, akan melaksanakan Munas Tandingan sebagai upaya penyelamatan organisasi dari kepentingan-kepentingan politik praktis,” tutup Mahendra Jayadi yang juga Kandidat Ketua dalam Munas ke-5. (Dodi Hendra)