gubernur ntt

4 Daerahnya Terkotor di Indonesia, Ini Kata Gubernur NTT

DaerahTimor

KUPANG, SorotNTT.com – Sebanyak empat kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), masuk 10 kota terkotor yang diumumkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam penilaian Adipura 2018.

Empat kota tersebut yakni Kota Kupang, Kota Waikabubak (Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat), Kota Bajawa (Ibu Kota Kabupaten Ngada), dan Kota Ruteng (Ibu Kota Kabupaten Manggarai).

Menanggapi itu, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menyebut, penilaian itu tentu akan menjadi tantangan untuk bisa kembali bangkit menjadi kota yang bersih.

“Itu tantangan kita untuk kita bangun. Itu juga tantangan kita untuk bersih-bersih,” ucap Victor, Rabu (16/1/2019).

Menurut Viktor, syarat untuk pihaknya menuju manusia beradab, itu harus bersih, sehingga ia berharap, wali kota dan para bupati bisa bekerja sama membuat daerah mereka kembali menjadi bersih.

“Ini menjadi tanggung jawab untuk membuat daerah ini kembali bersih dan kita akan raih penghargaan,” kata Viktor, optimistis.

“Ke depannya, kita akan masuk ke rumah dan toilet penduduk untuk mengecek kebersihan,” imbuh dia.

Seperti diberitakan, selain penghargaan kota paling bersih pada anugerah Adipura periode 2017-2018, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga mengumumkan kota dengan peringkat paling rendah.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Setjen LHK Djati Witjaksono Hadi mengatakan, pada daftar ini, Medan meraih predikat kota dengan penilaian paling rendah dalam Adipura dalam kategori Kota Metropolitan.

Selain Medan, Kota Bandar Lampung dan Manado juga turut mendapat penilaian paling rendah dalam kategori Kota Besar.

Sementara untuk kategori Kota Sedang, Kementerian LHK menempatkan Kota Sorong, Kupang, dan Kota Palu dalam daftarnya.

Adapun Kota Waikabubak, Kota Waysai, Kota Bajawa, Kota Buol, dan Kota Ruteng, dalam posisi paling rendah dalam kategori Kota Kecil.

Editor: Marselin
Sumber: KOMPAS.com

Comments are closed.