AMAN Wilayah Nusa Bunga sosialisasi masyarakat adat

AMAN Wilayah Nusa Bunga Gelar Sosialisasi Masyarakat Adat

Daerah Flores

NAGEKEO, SorotNTT.com – Fungsionaris Adat Mulakoli yang tergabung dalam wilayah administrasi Desa Mulakoli, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengundang Ketua AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara) Wilayah Nusa Bunga, Pelipus Kami  sebagai pemateri sekaligus narasumber dalam kegiatan sosialisasi masyarakat adat yang berlangsung di Kantor Desa Mulakoli, Kecamatan Boawae, Sabtu (18/5/2019).

Dalam pantauan SorotNTT.com di lokasi, kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan di aula Kantor Desa Mulakoli, Kecamatan Boawae itu berjalan lancar tanpa kendala. Kegiatan tersebut diawali dengan doa, diikuti sambutan yang mewakili tokoh adat, dan sambutan Kepala Desa Mulakoli diikuti dengan tepukan tangan yang meriah oleh masyarakat setempat.

Tokoh Adat Mulakoli, Geradus Bajo dalam sambutannya mengajak segenap civitas masyarakat adat, tokoh perempuan, dan tokoh muda untuk sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan sosialisasi masyarakat adat sehingga generasi penerus tetap melestarikan segala macam warisan leluhur, seperti ritual adat maupun tanah adat warisan leluhur dari generasi ke generasi selanjutnya.

“Maksud dan tujuan fungsionaris adat mengundang AMAN ke wilayah adat Mulakoli guna berdiskusi persoalan ulayat adat yang sedang diklaim pihak kehutanan untuk dijadikan kawasan hutan produksi,” ungkap Geradus.

Ketua AMAN Wilayah Nusa Bunga, Pelipus Kami dalam kegiatan tersebut mengungkapkan terima kasih kepada segenap fungsionaris adat Mulakoli yang sudah mengundang AMAN bersama staf untuk melakukan sosialisasi di Desa Mulakoli.

Di akhir kegiatan sosialisasi, Pelipus Kami mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat AMAN bersama staf akan melakukan pemetaan wilayah adat sekaligus menjadikan masyarakat adat Mulakoli bagian dari wilayah binaan AMAN. (Yanto)