Wilibrodus Sangu

Apresiasi Mahasiswa Terkait Pembangunan Lapen 10 Km di Elsel

DaerahFlores

Borong, sorotNTT.com – Terkait peningkatan pada sejumlah ruas jalan di Kecamatan Elar Selatan tahun 2019 mendapat apresiasi dari mahasiswa. Salah satunya datang dari Ketua Umum IP2MKES-Makassar, Wilibrodus Sangu. Kepada SorotNTT.com pada Senin (19/3/2019) malam mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur (Matim) yang telah mengalokasikan anggaran senilai 6 miliar lebih.

“Pemkab Matim sudah mengalokasikan anggaran untuk peningkatan ruas jalan di Kecamatan Elar Selatan sebesar 10 kilometer, selaku mahasiswa tentu kami sangat bersyukur dan mengapresiasi terhadap Pemerintah Daerah,” kata Sangu.

Dengan besarnya anggaran tersebut, kata Wily, pembangunan jalan tersebut dapat membantu kelancaran aktivitas warga yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngada itu.

“Kami sangat senang dengan besarnya alokasi anggaran peningkatan pada sejumlah ruas jalan di Kecamatan Elar Selatan, jalan kami akhirnya akan diperbaiki,” ucap pria kelahiran Desa Sangan Kalo itu.

Sangu menambahkan, semoga dengan pembangunan ini, sebagai mahasiswa kami mengimbau kepada warga untuk bisa mengawasi soal mutu dalam proses pengerjaan lapen tersebut, agar hasil pembangunannya betul-betul bermuara pada kesejahteraan rakyat.

“Karena dengan begitu warga yang ada di Kecamatan Elar Selatan akan menikmati infrastruktur jalan yang baik,” tandasnya menambahkan. 

Sebelumnya media ini memberitakan, Pemkab Matim akan mengalokasikan anggaran senilai 6 miliar lebih untuk membangun jalan jenis lapisan penetrasi (lapen) di Kecamatan Elar Selatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Manggarai Timur, Yosep Marto saat ditemui SorotNTT.com di ruang kerjanya pada Senin (18/3/2019) siang menjelaskan, tahun ini ada pekerjaan jalan lapen di Kecamatan Elar Selatan.

“Peningkatan ruas jalan Mamba-Kejek-Lengor-Simpang Lima dengan pagu anggaran senilai Rp 2.444.300.000, sedangkan peningkatan ruas jalan Kigit-Lewurla-Sangan Kalo dengan pagu anggaran senilai Rp 1.222.400.000. Itu akan dikerjakan tahun ini,” jelas Marto.

Dari akumulasi besarnya pagu anggaran tersebut rencananya akan memperbaiki peningkatan ruas jalan yang menghubungkan Mamba-Kejek-Lengor-Simpang Lima, kemudian peningkatan jalan Kigit-Lewurla-Sangan Kalo. Selain itu, peningkatan ruas jalan Mukun-Koit-Watu – Nio. Juga peningkatan ruas jalan Sopang Rajong-Lete, dengan total panjang ruas jalan 10 kilometer. Sementara pagu anggaran untuk membiayai sejumlah proyek tersebut senilai 6 miliar lebih.

Laporan: Ferdinandus Lalong