Babinsa Kodim 1612 Manggarai Mengikuti Kegiatan Katpuan Apkowil Tersebar Tahun 2019

Daerah Flores

Ruteng, SorotNTT. com – Dengan mengusung tema “Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar, Kita Tingkatkan Profesionalisme Apkowil Dalam Mengimplementasikan Kegiatan Pembinaan Teritorial Guna Mendukung Tugas Pokok TNI-AD”Kodim 1612 Manggarai menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan (Katpuan) Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) Tersebar tahun 2019, Selasa  (27/8/2019).

Acara yang dilangsungkan di Aula Makodim 1612 Manggarai jl. Banteng, Kelurahan Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai tersebut, menghadirkan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Apkowil dari Kodam IX/UDAYANA  yang dipimpin oleh Mayor Inf I Ketut Sukadana. Dan sebanyak 50 personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 1612 Manggarai turut mengikuti kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini.

Mayor Inf I Ketut Sukadana, dalam kata sambutannya yang didampingi Kasdim 1612 Manggarai Mayor Chb I Wayan Subrata mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Apkowil dalam pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter).

“Sehingga diperoleh kesamaan pola pikir dan kemampuan mendeteksi, mengidentifikasi, menganalisa, serta mengambil tindakan setiap perkembangan dan dinamika di wilayah,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan guna mewujudkan kekuatan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh. Sehingga, kemampuan tersebut merupakan suatu keharusan dimiliki oleh personel aparat komando kewilayahan.

“Selain itu, juga sebagai upaya meningkatkan profesionalisme prajurit untuk menunjang pelaksanaan Binter dalam mendukung tugas pokok TNI-AD diwilayah,” tandas Perwira yang juga menjabat sebagai Pabanda Wantahwil Kodam IX/Udayana.

Laporan : Tim