STIKOM UYELINDO gelar LKTD

Badan Eksekutif Mahasiswa STIKOM Gelar LKTD

Daerah Timor

Kupang, SorotNTT.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STIKOM) UYELINDO Kupang menggelar Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Jumat, (15/03/2019) sampai Sabtu, (06/03/2019), dengan mengangkat tema “Kaderisasi Pemimpin Penuh Cinta Cerdas, Integritas, Norma, Transformatif dan Arif”. Bertempat di Aula STIKOM UYELINDO Kupang pada Jumat,15/03/2019. Diikuti 164 orang peserta.

Sukses besar yang diraih oleh setiap organisasi dan di ruang lingkup apapun adalah karena adanya kebersamaan serta adanya sinergitas antara program yang direncanakan dengan kebutuhan aparat organisasi dan juga realita di lapangan,” ungkap Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Jamaludin Ahmad.

Lanjut dia, perlu adanya penguatan peran organisasi di dalam menciptakan kader-kader yang berkualitas, dalam rangka keberlangsungan konsolidasi organisasi yang menjadi kata kunci keberhasilan organisasi di setiap periode dan berjenjang.

“Fenomena perubahan zaman yang terjadi hampir setiap saat telah memaksa setiap komunitas organisasi untuk melakukan penataan gerak organisasi dengan berbagai program yang realitas, berkesinambungan dan berkeadaban.

Saat ini banyak organisasi yang ternyata tidak mampu untuk bertahan hidup di tengah persaingan karena tak mampu menata dan melakukan konsolidasi yang memadai, dalam menyikapi berbagai perubahan dan tak mampu mengelola berbagai issue penting yang terjadi di tengah masyarakat,”katanya.

Gubernur NTT Juga mengajak mahasiswa STIKOM UYELINDO untuk terus mendukung pelaksanaan berbagai program pembangunan di NTT. Saat ini untuk mendukung Gerakan NTT bersih, diperlukan kesadaran masyarakat untuk memerangi sampah karena lingkungan yang bersih menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung parawisata sebagai prime mover pembangunan di NTT.

Tidak mungkin pemerintah berjalan sendiri tanpa dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakatnya,”ungkapnya.

Oleh karena itu, melalui momentum kegiatan hari ini, diharapkan akan melahirkan kader-kader yang berkualitas serta komponen yang dapat melahirkan ide-ide kreatif serta inovatif untuk pengembangan dan kemajuan organisasi ini kedepannya,” tuturnya.

Sementara Ketua STIKOM UYELINDO Kupang Marinus I.J .Lamabelawa, S.Kom., M.Cs  Mangatakan dalam rangka kegiatan kemahasiswaan kita secara rutin, setiap tahun mahasiswa melakukan LKTD bertujuan agar  persiapan mereka bagaimana melatih memimpin di organisasi, disini mereka sudah dibekali jiwa kepemimpinan, dan mampu mengasah kemampuan mahasiswa dalam hal kecakapan social termasuk bagaimana mereka membangun kerja sama dalam organisasi, disitulah mereka merasa mampu untuk mempersiapkan mereka baik internal kampus maupaun kegitan di luar kampus.

Adanya karakter kepemimpinan dan karakter koporatif kerjasama yang dibekali,mereka mampu dan siap untuk masuk dalam organisasi  Internal STIKOM UYELINDO Kupang maupun kegiatan-kegiatan yang diberikan oleh kemendikti,” katanya.

Terkait dengan revolusi industri 4.0, tentu mahasiswa juga harus gerak maju, bagaimana mahasiswa punya kreatif, inovatif dan tentu harus punya nalar IT, karena revolusi Industri berkaitan dengan IT sesuai dengan kemajuan revolusi 4.0.

Sistem kegiatan mahasiswa(Sikamawa ) yang dirilis oleh kemenrisDikti  setiap tanggal 17 ada peringkat nasional mengenai kegiatan mahasiswa, agar kegiatan mahasiswa muaranya harus sistem kegiatan sehingga peningkatan bisa naik dari kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Penulis: Hendrikus Aditono