BIN RI Fasilitasi Kegiatan Vaksinasi Bagi Pelajar 5 Sekolah Di Kecamatan Pacar

Labuan Bajo, Sorotntt.com – Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) menggelar vaksinasi COVID-19 dengan sasaran pelajar yang berlansung di Aula Paroki St. Nikolaus Pacar, Kecamatan Pacar Kabupaten Manggarai Barat, NTT pada Jumad, 21/1/2022 sekitar pukul 09.00 WITA.

Diketahui kegiatan vaksinasi tersebut diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat melalui UPTD Puskesmas Pacar.

Pantauan media ini, tampak siswa-siswi sangat antusias untuk menerima vaksinasi covid-19, sekitar ratusan siswa-siswi tampak lalu-lalang di dalam aula paroki Pacar, di antara mereka tengah sibuk di meja administrasi, sebagai tanda siap untuk menerima vaksin dan beberapa guru-guru juga turut mendampingi mereka.

Pelaksanaan vaksinasi masal tersebut berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan dilakukan pengamanan oleh Personil Polsek Macang Pacar bersama aparat TNI dari Koramil 1612-08 Macang Pacar.

Siprianus Jamat, S.Kep selaku kepala UPTD Puskesmas Pacar (Jumad, 21/1/2022) kepada media ini menjelaskan bahwa adapun vaksinasi yang disiapkan yaitu vaksin jenis Sinovak untuk dosis I berjumlah 363 vial vaksin yang diperuntukan bagi para pelajar untuk 5 (lima) sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Pacar.

Diketahui adapun beberapa sekolah yang mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut diantaranya SDK Pacar, SDI Kengkar, SDN Purek, SDI Watu Wangka dan SMP Negeri 1 Pacar.

BACA JUGA:  Angka Covid-19 Meningkat, Polres Matim Gencar Pendisiplinan Prokes dan Gerai Vaksin Polri Presisi

Sementara total yang tervaksin sejumlah 726 orang dengan rincian anak usia 6 tahun sampai 11 tahun sejumlah 512 orang, sedangkan usia remaja  sejumlah 214 orang.

Sipri juga menjelaskan bahwa adapun kendala yang ditemukan oleh panitia dalam melaksanakan vaksinasi tersebut yaitu ditemukan adanya NIK yang bermasalah (Entry Manual) sejumlah 12 orang dengan rincian
a. Anak : 6 org
b. Remaja : 6 org

Lebih lanjut Kepala Puskesmas Pacar menandaskan bahwa kami sebagai tim satuan tugas penanganan covid-19 tingkat kecamatan pacar dan juga selaku kepala Puskesmas Pacar menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada beberapa Kepala Sekolah yaitu dari 4 Sekolah Dasar dan 1 SMP yang telah mensupport dan menghantar anak-anak mereka untuk menerima vaksinasi dosis I di aula Paroki Pacar. Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan tersebut merupakan beberapa rangkaian kegiatan upaya Negara bersama masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Ungkap Kapus Pacar

lebih lanjut Siprianus juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada BIN RI.

“Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan terimakasih kepada mitra yang mensupport palaksanaan vaksinasi ini yaitu dari Badan Intelijen Negara Republik Indonesia. Mereka yang telah memfasilitasi, menyediakan anggaran untuk mobilisasi anak-anak untuk menghantar anak-anak sampai di tempat pelaksanaan vaksinasi ini dan juga telah menyiapkan anggaran untuk konsumsi,” Ujar Siprianus

BACA JUGA:  Polsek Lamba Leda Kembali Melaksanakan kegiatan Vaksinasi

Lanjut Siprianus bahwa tentunya kegiatan vaksinasi ini akan berkorelasi dengan program kementerian pendidikan RI, terkait dengan proses pembelajaran tatap muka. Mengapa ini berkorelasi, karena diharapakan masyarakat sekolah itu harus bisa diyakini bahwa terproteksi dari pandemi covid-19. Dimana pada periode sebelumnya pelayan publik dalam hal ini dunia pendidikan semua pendidik dan tenaga kependidikan semuanya sudah divaksin, harapanya pun semua anak-anak terutama yang berada didalam kelompok masyarakat sekolah juga harus divaksin. Jelasnya

Kami juga berharap bahwa program dari BIN ini juga tetap berlanjut, dimana anak-anak yang sudah menerima vaksin dosis I ini harus menerima vaksin dosis II nantinya. Sehingga dengan rendah hati kami berharap BIN RI juga siap membantu untuk pelaksanaan vaksinasi kedua nantinya. Tutup Siprianus

Untuk diketahui berdasarkan informasi yang dihimpun media ini bahwa data sementara hasil kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh pihak puskesmas Pacar per tanggal 21/1/2022 yaitu diantaranya :

a.) Kategori Tenaga Kesehatan : Dosis 1 sejumlah 84, Dosis 2 sejumlah 85, Dosis 3 sejumlah 86

b.) Kategori Anak Usia 16-11 Tahun
Dosis 1 sejumlah, 512

BACA JUGA:  KemenPPPA Kordinasikan Langkah Percepatan Pengesahan RUU TPKS

c.) Kategori Remaja : Dosis 1 sejumlah 1.958, Dosis 2 sejumlah 873.

d.) Kategori Pelayan Publik : Dosis 1 sejumlah 897, Dosis 2 sejumlah 872

e.) Kategori Masyarakat Umum: Dosis 1 sejumlah 5.507, Dosis 2 sejumlah 3.749.

f.) Kategori Pralansia :Dosis 1 sejumlah 1.052, Dosis 2 sejumlah 1.122.

g.) Kategori Lansia : Dosis 1 sejumlah 983, Dosis 2 sejumlah 730.

Dari data di atas sehingga total keseluruhan hasil kegiatan vaksinasi yaitu Dosis 1 sejumlah 10.993, dosis 2 sejumlah 7.431 dan dosis 3 sejumlah 86.

Sementara itu jenis vaksin yang telah digunakan yaitu ada empat jenis vaksin yaitu, Sinovac, Astra Miderna dan Fizer.

Pedi