Biodata Bupati Terpilih Sabu Raijua Orient Patriot Riwu Kore Berstatus Warga Negara AS

Daerah

Kupang, SorotNTT.com- Terungkap Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur ( NTT), Orient Patriot Riwu Kore berkewarganegaraan Amerika Serikat. Hal itu diungkapkan Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua setelah menerima balasan surat elektronik dari Kedubes Amerika Serikat mengenai status kewarganegaraan Orient Patriot Riwu Kore, sejak 1 Februari 2021.

Informasi tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Sabu Raijua Yudi Tagihuma kepada sejumlah wartawan, Selasa (2/2/2021) malam. Ia mengatakan, pada Januari 2021, Bawaslu Sabu Raijua menyurati Kedubes Amerika untuk mempertanyakan status kewarganegaraan Orient Patriot Riwu Kore yang terpilih sebagai Bupati Sabu Raijua pada pilkada 9 Desember 2020.

“Kami sudah menerima surat dari Kedubes Amerika di Jakarta. Kami tanya apakah dia masih warga negara Indonesia atau sudah menjadi warga negara Amerika, dan informasi dari sana benar Orient Riwu Kore warga negara Amerika Serikat,” ungkap dia.

Balasan surat dari Kedubes Amerika tersebut ditandatangani Kepala Bagian Konsuler, Eric M Alexander. Dalam ciutannya, ia mengatakan bahwa Orient merupakan warga negara AS.

Sebelumnya, jelas Yudi, Bawaslu sudah mewanti-wanti KPU untuk meneliti secara cermat legalitas calon sebelum ditetapkan sebagai peserta pilkada.

Ketua KPU Sabu Raijua Kirenius Padji mengatakan, saat mendaftar sebagai peserta pilkada, Orient menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga negara Indonesia dan beralamat di Kota Kupang. KPU Sabu Raijua juga melakukan klarifikasi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang mengenai keabsahan KTP Orient seperti yang dipertanyakan Bawaslu tersebut.

Surat klarifikasi dari Dukcapil Kota Kupang itu dikeluarkan pada 16 September 2020. Surat itu ditandatangani oleh Kepala Dukcapil Kota Kupang, Agus Ririmase. Dalam surat itu tertulis Orient merupakan warga RT 003 RW 001, Kelurahan Nunbaun Sabu, Kecamatan Alak, Kota Kupang.

“Dukcapil Kota Kupang sudah mengeluarkan berita acara tentang keabsahan KTP,” kata dia.

Hal itu dibenarkan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dikcapil) Zudan Arif Fakrullah. Ia mengatakan, sejak tahun 1997 Orien tercatatat dalam database kependudukan warga negara Indonesia.

Kendati demikian, menurut Zudan, Orient perlu diperiksa oleh pihak kepolisian untuk memastikan keberadaan bupati terpilih apakah ada yang dilanggar atau tidak dalam proses pencalonan pilkada.

Biodata Orient Patriot Riwu Kore

Disalin dari laman pegiatliterasi.com dan form BB2.KWK (daftar riwayat hidup calon bupati), Orient lahir di Kupang, 7 Oktober 1964 atau kini berusia 56 tahun, dari pasangan Agustinus David Riwu Kore dengan Ema Mariance Koroh Dimu. Dia merupakan anak keempat dari 8 bersaudara.

Isterinya Trinidad Martinez, keturuna Yahudi dan Spanyol dan memiliki 2 anak, yakni Franklin D Riwu Kore dan Jessica M Riwu Kore. Kedua anak Orient dan Trinidad lahir di Amerika Serikat. Franklin D. Riwu Kore merupakan pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat (US-Army) yang memiliki keahlian sebagai penembak jitu.

Orient Riwu Kore mulai mengikuti pendidikan dasar di SD Inpress Nunbaun Sabu, Kupang pada tahun 1971 hingga 1977. Kemudian melanjutkan pendidikan menengah pertama di SMP Negeri 1 Kupang sejak tahun 1977 hingga 1980.

Pendidikan menengah atas diselesaikan di SMEA negeri Kupang dari tahun 1980 hingga 1983. Setelah itu, Orient menyelesaikan pendidikan Sarjana Administrasi Niaga di Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang dari tahun 1983 hingga 1987.

Semasa kuliah Undana, dia menjadi anggota Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan anggota Resimen Mahasiswa atau Menwa.

Lulus kuliah, Orient tercatat pernah bekerja di perusahaan pelat merah yakni Garuda Indonesia. Ia menjabat sebagai tax controller periode 1989 sampai 1992. Tiga tahun bekerja di Garuda Indonesia, Orient keluar negeri dan melanjutkan kariernya di Amerika Serikat. Pada tahun 1993, dia kemudian mendapat kesempatan belajar ke Amerika.

Ia bergabung dengan organisasi bernama Crenshaw Christian Center di Los Angeles. Setelah 7 tahun bekerja di Los Angeles Telecommunication, Orient memutuskan keluar pada 2001. Ia kemudian bergabung dengan perusahaan telekomunikasi di Texas yakni Weave dan menjabat sebagai manajer operasi.

Pendidikan Master of Arts (MA) in Religius Studies diselesaikan di University of California (UCLA) Los Angeles (1996), Master of Business Administration (MBA) diselesaikan di University of Southern California (USC) tahun 1999, dan Master of Theology (Th.M), di selesaikan di California Center of Theological Studies USA tahun 2001.

Sedangkan ke-3 gelar doktornya, Doktor of Philosophy (Ph.D) diselesaikan di Dallas Theology Seminary di Texas (2004), Ph.D Accouting and Finance diselesaikan di Argosy University of San Diego (2010); dan Doktor of Business Administration (DBA) diselesaikan di North Central University, Presscott, Arizona, USA (2016).

Pada tahun 1999, dia membuka restoran di Amerika. Pada tahun 2000, ia mendirikan Gereja bernama Orient Christuan Center di Los Angeles hingga berkembang ke San Diego.

Pada tahun 2003, membuka minimarket kemudian berkembang. Pada tahun 2004, Orient bekerja di Digital Telecommunication Group-USA. Ia menjabat sebagai direktur operasi periode 2004-2007. Pada 2000 ia mendapat penghargaan karyawan terbaik dari Los Angeles Telecommunication. Lalu pada 2003 Orient mendapat penghargaan dari Weave Pada tahun 2005, saat pindah ke San Diego, Orient mulai investasi di bidang real estate dan membeli beberapa apartment untuk disewakan, serta mempunyai puluhan hektar tanah di beberapa negara bagian di Amerika..

Pada tahun 2007, Orient mencoba melamar ke General Dynamics, salah satu BUMN dari Departement Pertahanan AS. General Dynamics memproduksi sejumlah kapal perang. Tahun 2007 sampai 2012, Orient sempat aktif sebagai Master Masons, dalam Secret Organisasi Freemasons ( merica Secret Society).

Sejak tahun 2000 sampai tahun 2015, aktif sebagai Associate Pastor di Gereja Hollywood Christian Center- Hollywood.

Editor: Pepy Dain