bupati-agas-andreas-buka-sosialisasi-KIAT-guru

Bupati Agas Andreas membuka Kegiatan Sosialisasi KIAT Guru

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com – Tim koordinasi Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bekerja sama dengan Kinerja dan Akuntabilitas Guru (KIAT Guru) TNP2K mengadakan sosialisasi Kabupaten, perluasan program KIAT Guru Kabupaten Manggarai Timur. 

Kegiatan sosialisai KIAT guru yang berlangsung di ruang rapat lantai dua Kantor Bupati Matim, dibuka secara resmi oleh Bupati Agas Andreas, S.H., M.Hum, Kamis (19/09/2019). 

Dalam sambutannya Bupati Manggarai Timur Agas Andreas,S.H., M.Hum, mengatakan, program KIAT guru didesain dalam rangka  meningkatkan mutu pendidikan dasar guru. 

Mutu itu, kata dia, terlihat dari prestasi belajar anak-anak kita, dalam pengertian anak-anak kita tidak hanya naik kelas atau tamat sekolah dasar, tetapi naik kelas atau pun tamat sekolah dasar dengan hasil belajar di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan berkarakter.

Kata Bupati Agas, untuk mencapai tujuan tersebut, maka dalam program KIAT guru dilibatkan partisipasi semua pihak, tidak hanya guru, tetapi juga orang tua, pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemerintah kecamatan dan kabupaten, dan siapa saja yang punya perhatian terhadap pendidikan.

Selain itu, tambah Bupati Agas, dalam program KIAT guru, kinerja guru dinilai dengan indikator-indikator yang sederhana dan objektif, seperti tingkat kehadiran dan kualitas layanannya di sekolah.

“Indikator-indikator tersebut menjadi dasar pemberian tunjangan khusus guru. Di Kabupaten Manggarai Timur program KIAT guru sudah ada sejak akhir 2016, pada 25 Sekolah Dasar rintisan di lima kecamatan, diantaranya Kecamatan Elar, Sambi Rampas, Lamba Leda, Rana Mese dan Kota Komba. Hingga awal 2019 program KIAT guru di Kabupaten Manggarai Timur disebut tahap Rintisan,” jelasnya.

Kata dia, pada pertengahan 2019, program KIAT guru menjadi tahap pemantapan untuk dua puluh lima SD rintisan di lima kecamatan. Karena program KIAT guru ini terbukti efektif meningkatkan mutu pendidikan dasar di Kabupaten Manggarai Timur, maka Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur pada tahun 2019 memperluas pelaksanaan program KIAT guru di dua puluh lima SD lainnya di delapan Kecamatan, yakni Kecamatan Elar, Sambi Rampas, Lamba Leda, Rana Mese, Kota Komba, Elar Selatan, Borong dan Poco Ranaka Timur, sehingga total sekolah dasar yang diintervensi KIAT guru menjadi lima puluh SD.

Ia mengungkapkan, untuk program KIAT guru pemantapan, telah dilakukan sosialisasi kabupaten pada bulan Juni 2019 bagi dua puluh lima SD. Sedangkan, lanjutnya, untuk mengawali tahap perluasan KIAT guru, maka pada hari ini dilakukan sosialisasi kabupaten untuk tiga belas perwakilan desa atau sekolah.

Kata Bupati Agas,  perwakilan dari masing-masing desa atau sekolah terdiri atas kepala desa, kepala sekolah dan komite sekolah. Selain peserta dari desa, juga para camat dan tim koordinasi yang hadir dalam sosialisasi kabupaten.

“Semua pihak dilibatkan dalam program KIAT guru ini, karena salah satu prinsip kerja program KIAT guru ialah gotong royong supaya tujuan program ini tercapai, diantaranya meningkatnya mutu pendidikan dasar kita, demi kepentingan terbaik anak-anak kita di bidang pendidikan,” ujar Bupati Agas. 

Dengan demikian, kata dia, program KIAT guru ini sangat mendukung tercapainya visi dan misi Kabupaten Manggarai Timur, dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia Kabupaten Manggarai Timur ke arah yang lebih baik dan berkualitas.

Laporan : Tim