acara adat teing hang bupati manggarai timur agas andreas

Sebelum Dilantik Bupati Agas Meminta Berkat Leluhur

Daerah Timor

Kupang, SorotNTT.com – Pelantikan Bupati dan wakil Bupati Manggarai Timur terpilih, Agas Andreas, SH, M.Hum  dan Drs. Jaghur Stefanus akan berlangsung pada Kamis, 14/02/2019 di Kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur.

Pelantikan Bupati dan wakil Bupati Manggarai Timur terpilih tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat

Sebelum dilantik Bupati Agas bersama keluarga terlebih dahulu melakukan ritual adat di kediamannya yang beralamat di Kelurahan Belo, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Rabu, 13/02/2019 malam.

Ritual adat “Teing Hang” tersebut bertujuan untuk memohon penyertaan dan ijin leluhur agar proses pelantikan berjalan aman.

Kanisius Kerjon selaku tetua adat dalam acara tersebut mengatakan “Acara ini meminta doa dan dukungan kepada leluhur serta Pencipta agar segala hal buruk dijauhkan dari Pa Ande dan Pa Stef selama acara pelantikan berlangsung sehingga prosesi pelantikan dapat berlangsung dengan sukacita.” ungkapnya saat di wawancarai SorotNTT.com

Ia juga menambahkan ritual ini merupakan tradisi kita orang Manggarai.

“Acara adat ini sebenarnya juga bagian dari tradisi kita sebagai orang manggarai yang sangat kental dengan budaya kemanggaraian dan ini memang sebuah keharusan,” tutupnya.

Penulis: Alvino Latu