pengukuhan Satgas Saber Pungli Manggarai Timur

Bupati Agas: Pungli Sudah Merusak Mental Anak Bangsa

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com – Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Nusa tenggara Timur (NTT) mengukuhkan unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) di tubuh pemerintahan Kabupaten Manggarai Timur.

Pembentukan ditandai pengukuhan Satgas Sapu Bersih Pungli oleh Bupati Andreas Agas di ruangan rapat bupati, Rabu (06/03/2019) siang.

Satgas Sapu Bersih Pungli melibatkan Inspektorat, Kejaksaan Negeri, Polres Manggarai, SKPD dan stake holder lainnya.

Satgas Saber Pungli Kabupaten Manggarai Timur
Pengukuhan Satgas Saber Pungli Kabupaten Manggarai Timur oleh Bupati Agas Andreas, Rabu (06/03/2019)

Dikatakan Andreas Agas, pengukuhan Satgas Sapu Bersih Pungli sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Saber Pungli. Dimana dalam Perpres tersebut ditegaskan, setiap pungutan tanpa berlandaskan aturan disebut pungli.

“Ini sebagai komitmen bersama yang diperuntukkan presiden. Ini menjadi perhatian karena pungutan liar itu tidak melihat besar kecilnya, namun perilaku yang dapat merusak mental anak bangsa,” tegas Agas.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Asisten Sekretariat Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Staf Ahli Bupati, para camat, dan sejumlah OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur.

“Saya harapkan ada dampak positif dengan adanya Satgas Saber Pungli, dan masyarakat harus ikut serta membantu tim Saber Pungli supaya Matim ini bebas dari yang namanya pungli itu,” tutup Agas.

Laporan: Dodi Hendra