Bupati Hery: Kita punya modal yang besar, Kita punya respek satu dengan yang lain, kita menghargai satu sama lain

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com- Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E. ,M.A. mengatakan, modal besar membangun kesenian adalah rasa saling menghargai antara satu dengan yang lain. Hal tersebut diutarakan Bupati Hery Nabit, saat mengukuhkan Dewan Kesenian Manggarai (DKM) bertempat di Aula MCC Ruteng, Jumat (11/6/2021).

“Kita punya modal yang besar. Kita punya respek satu dengan yang lain, kita menghargai satu sama lain. Itu modal yang kuat untuk membangun dunia kesenian di Kabupaten Manggarai,” ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan dukungan kepada DKM, bahwa DKM tidak berjalan sendiri.  “Ini adalah sebuah organisasi resmi yang dibentuk berdasarkan SK Bupati Manggarai. Maka pemerintah juga, ikut bertanggungjawab. Itu berarti, mungkin akan ada bantuan dari Pemkab Manggarai,” ujarnya.

BACA JUGA:  Warga Latung Desa Benteng Dope, Panen Puluhan Ton Kedelai Dimusim Kering

Bupati Hery berharap agar pengurus DKM mulai memikirkan rencana kegiatan yang dimaksud,  “mudah-mudahan tahun depan kita bisa buat festival mini untuk kita di sini (level lokal) dulu. Jadi kita buat yang kecil, tapi dampaknya besar. Kalau (publikasi) medianya baik, kita persiapkan tahun ini untuk sebuah mini festival tahun depan,” jelasnya.

Harapan lain disampaikan Bupati kepada pengurus DKM, agar bisa merangkul pegiat seni yang ada di Manggarai, “aktifitas seni ada ribuan, rangkul mereka, beri mereka ruang. Kegiatan hari ini menandakan satu hal bahwa pemerintah tidak bisa lakukan segalanya sendirian, ” katanya.

Selain itu Bupati Hery meminta agar DKM dapat membantu memberikan masukan-masukan yang berarti bagi pemerintah. “Tugas Dewan Kesenian terutama untuk mengumpulkan, tidak hanya orang yang dikumpulkan tetapi informasi perkembangan seni budaya di Manggarai. Data-data lebih dari itu, pasti dilakukan analisis juga, ” ujarnya.

BACA JUGA:  Ini Dampak Negatif Sekolah Online untuk Jangka Panjang Versi Menteri Nadiem

“Kumpulkan data-data tentang kesenian, analisis data itu, lalu omong soal itu. Omong kepada siapa? kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai.Itu berarti posisi DKM adalah mitra bukan atasan bawahan lagi, karena memberi masukan,” sambungnya.

Di akhir sambutan, Bupati Hery mengucapkan selamat bertugas kepada segenap pengurus DKM. “Saya berharap kita belajar dari perkembangan kesenian di masa lalu, dari kelembagaan kita di masa lalu untuk menatap ke depan. Semoga kami yang hadir, yang melihat pengukuhan, akan terus mendukung Bapak dan Ibu sekalian dalam pengembangan bidang kesenian di Manggarai,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Piet Konay Akhirnya Angkat Bicara Soal “KO” Empat Kali Marten Konay Di Meja Hijau

Sumber: Kominfo Manggarai