Bupati Manggarai: Ada Mafia Sewa Aset Pemda

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com-Bupati Manggarai, Herybertus G.L Nabit mengatakan akan menegakan proses sewa aset milik pemerintah, Dari berbagai informasi yang dihimpun, ada praktik mafia dengan modus pihak yang mengontrak, menyewakan hingga menjual kembali aset tersebut kepada pihak lain dengan harga tinggi.

Saya akan mencabut kontrak penyewa aset yang melakukan praktik mafia jual aset milik Pemda. Saya banyak mendengar ada praktik ini,” ujar Bupati Hery usai acara serah terima jabatan (Sertijab) dari Pelaksana harian (Plh) Bupati Manggarai, Fansi Jahang, di kantor Bupati Manggarai, Senin (1/3/2021).

Bupati Hery menegaskan, praktik seperti ini harus dibersihkan. Selain menyalahkan aturan, juga daerah yang jadi rugi. Faktanya disini aset Pemda yang ada disewakan dengan harga sangat murah

Dalam satu klausul sewa menyewanya, ada larangan menyewakan lebih lanjut atau menjual. Seperti ada los pasar atau ruko, dikontrak oleh Pemda Manggarai Rp 2 juta per tahun. Lalu pengontrak itu, sewakan lagi kepada pedagang lain dengan harga Rp 20 juta. Mafianya untung Rp 18 juta. Padahal itu aset Pemda. “Masa mafia yang untung, Pemda tidak,” tegas Hery.

Padahal menurut Bupati Hery, mendingan Pemda sekaligus menyewakan kepada orang lain yang sanggup menyewa dengan harga lebih mahal. Sehingga dengan demikian, memudahkan pemerintah daerah memanfaatkannya, agar menguntungkan daerah. Terutama nilai kontrak atau sewa pakai benar-benar sesuai ketentuan. Untuk aset-aset yang belum disewakan atau hendak diperpanjang kontraknya, ini harus dibicarakan ulang harganya.

“Kalau bisa disewakan 25 juta satu tahun. Mengapa harus disewakan Rp 2 juta. Kan ada banyak orang lain yang siap sewa dengan bayar mahal. Disini hal yang paling penting juga dari penertiban aset-aset Pemda itu, sebagai salah satu solusi untuk optimalisasi pendapatan daerah,” kata Bupati Hery.

Dari sejumlah soal yang ada di Kabupaten Manggarai, dirinya dan Wakil Bupati (Wabup) Heri Ngabut, akan melakukan rapat perdana bersama pimpinan perangkat daerah (OPD). Salah satu tujuan, memastikan potensi daerah yang selama ini belum diberdayakan secara maksimal. Memanfaatkan aset Pemda Manggarai, akan mendongkrak pendapatan ekonomi daerah.