Bupati Manggarai Lepas Pasung ODGJ di Muwur, Rahong Utara

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com– Bupati bersama Wakil Bupati Manggarai mendatangi rumah keluarga Siprianus Judin (45) dan Donatus Dasor (41) untuk melepas balok pasung yang membelenggu kakak-beradik tersebut, Kamis(19/8/2021).

Keluarga dari orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kampung Muwur, Desa Wae Mantang, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai menangis haru saat Bupati Herybertus G.L Nabit bersama Wakil Bupati Heribertus Ngabut menyambangi kediaman mereka.

Kristina Viani Varnilan, buah hati Siprianus, menangis tersedu-sedu ketika menyaksikan ayahnya tersenyum bahagia saat bertatap muka dengan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai. Tangisannya bertambah histeris ketika balok pasung di kaki ayahnya dibuka oleh Bupati Nabit.

BACA JUGA:  Dituding Rekrut TFL Diam-diam, Ini Penjelasan Kadis PUPR Matim

Sebelum membuka balok pasung, Bupati dan Wakil Bupati memberikan penguatan dan membujuk Siprianus dan Donatus untuk dirawat di Pusat Rehabilitasi dan Klinik Gangguan Jiwa Renceng Mose. Keduanya terlihat antusias dan merespons baik ajakan itu.

Bupati dan Wakil Bupati pun memutuskan untuk segera membawa mereka bersama Brigita Gumbul, istri Siprianus – yang juga mengidap sakit jiwa – untuk dirawat di tempat yang berlokasi di Leda, Ruteng..

Nabit mengatakan, seluruh biaya perawatan ODGJ itu ditanggung Pemerintah Kabupaten Manggarai.

“Seluruhnya akan ditanggung oleh pemerintah,” kata Bupati Nabit.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, pada perubahan anggaran tahun ini, pihaknya akan menganggarkan biaya khusus untuk penanganan ODGJ di kabupaten itu.

BACA JUGA:  Lawan Covid-19, Warga Buat Posko Pencegahan dan Penanganan di Kelurahan Lempang Paji

“Mulai tahun ini kita anggarkan itu. Nanti kerja samanya langsung dengan Renceng Mose,” ucapnya.

Bupati Hery Nabit menyampaikan terima kasih kepada awak media yang telah menulis tentang keadaan keluarga ODGJ tersebut.

Sementara Kristina Viani Varnilan menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah terhadap keluarganya.

Menurutnya, kehadiran Bupati dan Wakil Bupati di kediamannya merupakan energi dan harapan baru untuk kesembuhan ayah, ibu dan pamannya.

“Sekali lagi terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai dan semua orang yang telah membantu dengan cara masing-masing,” pungkasnya.