Bupati Manggarai Meresmikan 3 Desa Persiapan Dikecamatan Cibal

Featured Flores

Ruteng, SorotNTT.com – Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus S.H.,M.H, meresmikan 3 Desa Persiapan di Kecamatan Cibal,tepatnya dilaksanakan di Kampung Wancang, Desa Ladur, Senin (12/8/2019)

Ketiga desa persiapan tersebut, diantaranya desa persiapan Liang Tongkeng, desa persiapan  Benteng Todo, desa persiapan Lura, semuanya berada di Kecamatan Cibal. 

Peresmian desa persiapan tersebut bersamaan dengan agenda Bupati berkantor di Desa Ladur, Kecamatan Cibal, yang dilaksanakan pada, Senin (12/8/2019).

Dalam sambutanya Bupati Deno menyampaikan, desa-desa pemekaran sebenarnya sudah lama diresmikan, karena surat keputusan (SK) sudah ditandatangani sejak bulan Januari 2019 oleh Bupati.Mestinya bulan Februari desa pemekaran ini sudah diresmikan.tahun 2019 ini ada 22 desa yang dimekarkan dan tahun 2020 akan dimekarkan lagi 30 desa. 

Bupati Deno juga menjelaskan, desa-desa persiapan disiapkan agar bisa sama seperti desa induk atau desa-desa lainnya.

Untuk itu persiapan sarana dan prasarana harus bisa menunjang keberadaan desa persiapan, “Kalau mau ada kantor, tentu harus ada tanah.Kemudian meja, kursi, komputer serta sumber daya manusia, perangkat desa,” Kata Bupati Deno.

Menurut Bupati Deno, desa persiapan akan diverifikasi baik oleh Pemerintah Provinsi maupun Kementerian Dalam Negeri, sebelum diputuskan menjadi desa penuh, dan kurang lebih tiga tahun akan dievaluasi.

Bupati Deno menegaskan, pemekaran desa tidak boleh dilakukan setengah hati, “Jangan SK Bupati sudah keluar, tapi pembiayaan dan uang tidak ada,” Tegasnya.

Ia juga menerangkan, dalam tiga tahun ke depan akan dilihat aspek-aspek apa saja yang berubah setelah menjadi desa persiapan.

menurutnya, banyak daerah yang pembangunannya tersendat dan berjalan di tempat karena perencanaan buruk.

Dijelaskannya, untuk membuat sebuah dokumen perencanaan ada ilmunya dan salah satu pendekatan dalam perencanaan, yakni pendekatan teknokratik.  “Tahun 2004 Saya pulang ke Manggarai dan satu hal yang Saya minta saat itu, untuk membangun Manggarai harus berdasarkan dokumen,” Ucapnya.

“Pendekatan Teknokratik, Kita pakai ilmu lalu dikombinasikan dengan keadaan di Lapangan,”Pungkasnya.

Bupati Deno berharap agar desa persiapan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Manggarai di mana desa-desa tersebut dimekarkan.

Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus S.H.,M.H, meninjau tempat budidaya ikan di Kecamatan Cibal

Disela kegiatan peresmian desa pemekaran ini, Bupati Deno,Wakil bupati dan rombongan melakukan  kunjungan ke kelompok budidaya ikan, yaitu kelompok Nggele Wulang, dan diketuai oleh Stanis. Kelompok ini juga berada di Kampung Wancang, Desa Ladur, Kecamatan Cibal. 

Setelah melihat dari dekat tempat budidaya ikan serta anggota kelompok tersebut, Bupati Deno memberi masukan untuk melakukan pembenahan manajemen, mulai dari tahap perencanaan, pengawasan juga pemasaran. “Kalau manajemen baik, maka hasil pengembangan budidaya ikan juga pasti baik, ini tentu untuk menunjang kesejahteraan anggota kelompok itu sendiri,” tegas Deno. 

Disaat yang bersamaan Bupati Deno berkesempatan melihat dan mendengar dari dekat ,keluhan – keluhan warga terkait rumah tidak layak huni, kartu BPJS, bantuan sosial lainnya, air dan listrik, serta berbagai keluhan terkait pembangunan keseluruhanya. 

Laporan : Marselin