Bupati Matim Lakukan Penanaman Simbolis Bibit Porang dan Jagung di Desa Rana Kulan dan Desa Wela Lada

Daerah

Borong, SorotNTT.Com-Bupati Matim Agas Andreas, SH,M.Hum yang di dampingi Ketua DPRD Matim Heremias Dupa dan Wakil Ketua I DPRD Matim Bernadus Nuel melakukan penanaman secara simbolis bibit Porang dan jagung di Desa Rana Kulan Kecamatan Elar dan Desa Wela Lada Kecamatan Sambi Rampas, Matim. Jumat (4/12/2020) kemarin.

Bupati Agas pada kesempatan itu menyampaikan, ucapan terima kasih kepada pemerintah Desa Rana Kulan dan seluruh masyarakatnya karna sudah berperan aktif dalam membudidayakan tanaman porang.

“Saya minta tanaman porang yang ada di Kabupaten Manggarai Timur atau Porang dari NTT menjadi porang terbaik di Indonesia. Menurut informasi yang saya dapat dari pembeli porang mengaku porang yang berasal dari NTT kualitasnya sangat baik”, ungkapnya.

Kata Bupati Agas, tanaman porang ini harus membuat sertifikasi supaya pengadaan porang di Indonesia sumber bahan utamanya dari NTT.

“Saya melihat daerah ini sangat cocok untuk mengembangkan tanaman porang untuk itu jagalah keasliannya. Tidak boleh menggunakan pupuk kimia gunakan pupuk organik agar unsur hara tanah tetap terjaga dengan baik”, pesan Bupati Agas.

Bupati Agas menjelaskan, kegiatan penanaman porang secara simbolis hari ini mau membuktikan bahwa pemerintah Matim memiliki komitmen yang besar untuk terus melakukan perekembangan tanaman porang di kabupaten Matim.

Pada kesempatan yang sama Bupati Agas melakukan penanaman secara simbolis bibit jagung di Desa Wela Lada, Kecamatan Sambi Rampas. Pada kesempatan itu Bupati Agas menjelaskan, penanaman ini kita lakukan adalah untuk memberi motivasi kepada masyarakatnya.

“Kita mendorong bagaimana petani mampu untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong supaya bisa meningkatkan kualitas pertanian kita dengan baik”, jelasnya.

Bupati Matim berharap kepada masyarakat desa Wela Lada untuk terus mengembangkan tanaman jagung dengan baik dan bisa menjadi contoh untuk desa-desa yang lain di Manggarai Timur. Tahun depan Manggarai Timur akan bangun pabrik pakan ternak. Salah satu bahan bakunya adalah jagung untuk itu ajak Bupati Agas tanamanlah jagung sebanyak-banyaknya.

Pantauan media ini, turut serta dalam kegiatan ini anggota DPRD Matim Fedinandus Alfa ,Tarsan Talus, Kadis Pertanian Matim Yohanes Sentis, Kadis PMD Matim Yoseph Durahi, para staf ahli Bupati, para Camat, para kepala desa dan seluruh masyarakat turut hadir dalam kegiatan ini.