Bupati Matim Menerima Kunjungan Kerja Kaper BKKBN Provinsi NTT

Borong, SorotNTT.Com-Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Kaper BKKBN) Provinsi NTT, Marianus Mau Kuru, SE, M.Ph, pada Selasa (30/11/21) melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai Timur.

Didampingi oleh Mikhael Yance Galmin, SS, M.Sc selaku Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Perwakilan BKKBN Prov.NTT, Kaper Marianus diterima oleh Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH, M.Hum, di rumah jabatan Bupati di Golo Lada Borong.
Dalam suasana akrab yang terjalin sambil menikmati kopi pagi khas Matim, Bupati Agas dan Kaper Marianus berdiskusi tentang berbagai hal terkait kependudukan dan KB di Manggarai Timur.

Berita gembira juga disampaikan oleh Kaper BKKBN ini terkait dengan hasil test Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Peserta ujian P3K dari Manggarai Timur sejumlah 52 orang dan yang berhasil lulus sebanyak 27 orang. Pada kesempatan ini dipastikan bahwa P3K asal Manggarai Timur dikembalikan kepada Pemda untuk melaksanakan tugas di Manggarai Timur. Bupati Matim menyambut baik keputusan ini dan menyampaikan bahwa, Manggarai Timur dengan topografi wilayah yang cukup sulit membutuhkan banyak tenaga PL KB, diharapkan dengan ditempatkannya 27 orang tenaga P3K ini maka pelayanan KB kepada masyarakat akan lebih bisa maksimal.

BACA JUGA:  Seorang Wanita Tewas Dianiaya Kakak Ipar di Manggarai

Kaper BKKBN dan Bupati Matim juga mendiskusikan kesepahaman bersama antara BKKBN Provinsi NTT dan Keuskupan Ruteng tentang Keterpaduan Pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan KB (Bangga Kencana) dengan Program Pembangunan Keluarga Sejahtera Sesuai Perspektif Iman Kristiani dalam rangka Penurunan Stunting, Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. Kesepahaman bersama yang ditandatangani oleh BKKBN Prov NTT dan Keuskupan ini kemudian akan diikuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Komisi Keluarga Keuskupan Ruteng dengan Organisasi Perangkat Daerah KB Kab. Manggarai , Kab. Manggarai Barat dan Kab. Manggarai Timur.

BACA JUGA:  Bantuan Untuk Korban Kebakaran Rumah Terus Mengalir

Pada kesempatan ini juga Kaper Marianus menyerahkan Buku Panduan Pelaksanaan Pendampingan Keluarga Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Tingkat Desa/Kelurahan kepada Bupati Manggarai Timur yang didampingi oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), Alexsander Kantar, dan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Ir. Ngkeros Maksimus.

Setelah audiensi dengan Bupati Matim, Kaper BKKBN Prov. NTT selanjutnya melaksanakan Rapat Konsolidasi Program Bangga Kencana Tingkat Kab. Manggarai Timur bersama para pejabat struktura lingkupa DP2KBP3A Matim dan para penyuluh KB se-Kabupaten Manggarai Timur.

BACA JUGA:  Sengkarut Dibalik Lahan Nanga Banda, Peneliti Agraria: Pemda Manggarai Berpotensi Digugat