dr. Surip Tintin Kepala Dinkes Matim

Dana Afirmasi Sebesar 29 Miliar Mengalir ke Dinkes Matim

Daerah Flores

BORONG, SorotNTT.com – Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan membangun tiga gedung Puskesmas baru dari dana alokasi khusus (DAK) Afirmasi.

Dr.  Surip Tintin, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Manggarai Timur mengatakan, pembangunan tersebut meliputi Puskesmas Benteng Jawa, Puskesmas Pota,  dan Puskesmas Elar.

“Pembangunan Puskesmas baru tidak lepas dari prototipe, antara lain daerah perbatasan, terpencil dan tertinggal, untuk Kabupaten Manggarai Timur masuk dalam katagori kabupaten tertinggal,” ungkapnya

Ia menjelaskan, besar anggaran untuk tiga puskesmas tersebut Rp 29 miliar rupiah, meliputi pembangunan fisik dan pengadaan sarana dan prasarana dan masing-masing Puskesmas mendapat anggaran yang berbeda. “Sedangkan untuk mendapatkan alokasi dana khusus (DAK) itu sesuai persyaratan yang diminta dari pemerintah pusat dan kita hanya siapkan berkas-berkas atau persyaratan yang mereka minta.”

“Bantuan dana alokasi khusus (DAK) afirmasi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), akan dicairkan secara bertahap, tahap pertama 25%, tahap kedua 40%, tahap ketiga 35%,” jelasnya.

Ia berharap, kebutuhan akan pelayanan kesehatan bagi warga yang berada di perbatasan dan terpencil terus dapat terpenuhi. “Mereka tidak lagi harus ke kota kabupaten untuk berobat karena di masing-masing kecamatan sudah ada,” tutup Surip.

Laporan: Dodi Hendra