Dekranasda Matim, Raih Penghargaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Daerah

Borong, SorotNTT.Com-Satu lagi kabar gembira untuk Kabupaten Manggarai Timur di penghujung tahun 2021. Dalam malam puncak penghargaan Kementerian Pendidikan Nasional Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Dekranasda Manggarai Timur, menjadi 1 dari 6 Propinsi dan Kabupaten kota yang memenangkan penghargaan video pembelajaran pendidikan vokasi terbaik tahun 2001.

Jefrin haryanto, selaku ketua bidang promosi, humas dan publikasi Dekranasda Manggarai Timur hadir bersama Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai Timur, Rofinus Hibur Hijau, Mpd, untuk menerima penghargaan tersebut. Malam anugerah prestasi ini berlangsung di hotel The Rich Yogyakarta, Kamis, 16 Desember 2021.

Kepada media Jefrin Haryanto menjelaskan bahwa Manggarai Timur mendapat penghargaan terkait penyelenggaraan Tekun Tenun Indonesia yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Penghargaan ini terkait dengan kegiatan pelatihan tekun tenun indonesia yang dilakukan di semua kabupaten di NTT, beberapa waktu lalu. Manggarai Timur menjadi satu-satunya wakil NTT dalam penilaian akhir program dan menjadi 1 dari 6 yang terbaik tingkat Nasional, terang Jefrin.

BACA JUGA:  LBH SURYA NTT KEMBALI TANDA TANGAN KONTRAK DENGAN KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM NTT

Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto, ST., M. Sc., Ph. D, dalam sambutannya mengaku sangat senang karena proses kegiatan yang dilakukan tahun ini sangat beragam dan banyak inovasinya. Saat ini akuntabilitas pelaksanaan kegiatan di lapangan diukur dengan video yang dikirim oleh LKP. Semua prosesnya mulai pendaftaran sampai pelaporan menggunakan aplikasi, termasuk laporan keuangan. Prinsipnya mengikuti juknis yang telah kami sampaikan. Sekali lagi kami memberikan apresiasi untuk pencapaian kawan-kawan LKP dari seluruh Indonesia. Tahun ini terdapat kurang lebih 800 video yang dikirim, dan kami bekerja keras untuk memutuskan 6 terbaik, pungkas doktor muda ini.

Ketua Dekranasda Manggarai Timur, Ny. Theresia Wisang, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak kementerian yang telah mengapresiasi kerja keras Dekranasda Manggarai Timur dalam menjalankan program pelatihan tenun milenial kemarin.

BACA JUGA:  Peningkatan Kasus Covid-19 di Elar Selatan, PMI Matim Buka Dapur Umum dan Lakukan Spraying Disinfektan

“Terima kasih kepada Kementerian yang telah mengapresiasi kerja keras kami. Penghargaan ini didedikasikan untuk teman-teman Dekranasda Manggarai Timur dan tim video dari Prokopim Matim. Kolaborasi yang hebat ini menghasilkan karya yang bisa mengharumkan nama Manggarai Timur dan NTT, ujar Theresia melalui sambungan telepon.

Lebih lanjut Jefrin secara detail menjelaskan bahwa
Manggarai Timur mendapat penghargaan terkait video bahan ajar tenun dalam program PKW tekun tenun Indonesia beberapa waktu lalu. Kurikulum yang dipakai oleh Manggarai Timur dinilai paling memenuhi aspek pembelajaran tenun. Metode MISAS yang diterapkan dalam pelatihan tersebut dinilai paling sesuai dengan kebutuhan pendidikan Vokasi saat ini, terang Owner Rumah Songke Mariamoe ini.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Manggarai Timur, Rofinus Hibur Hijau, MPd, yang juga hadir dalam malam penganugerahan tersebut mengungkapkan rasa bangganya kepada Dekranasda Manggarai Timur.

BACA JUGA:  Pengiriman sapi dari Manggarai lewat jalur 'tikus' ke Bima Sering Terjadi, Siapa Bermain?

” Ini pencapaian yang luar biasa bagi Dekranasda Manggarai Timur. Membanggakan kita bisa berdiri diantara Propinsi lain di Indonesia. Dari semua LKP hanya Manggarai Timur yang dimenangkan oleh Dekranasda, pungkas Rofinus.

Dalam event ini, selain mendapat sertifikat penghargaan, para pemenang juga mendapatkan sejumlah uang pembinaan.