Deno-Madur Dapat Nomor 1, Relawan: Kemenangan 2015 Bakal Terulang Lagi

Daerah

Ruteng, Sorotntt.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Manggarai telah resmi menggelar pengundian nomor urut bagi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai pada Jumat (24/09/2020) lalu.

Hasil pengundian tersebut menetapkan Pasangan Deno-Madur (DM) mendapat nomor urut 1 dan Pasangan Hery-Heri (H2N) mendapat nomor urut 2.

Hasil pengundian itu pun lantas mengundang komentar banyak pihak, pasalnya nomor urut yang didapat oleh kedua Pasangan Calon di Pilkada 2020 sama seperti Pilkada 2015 lalu.

Pilkada 2015 Pasangan Deno-Madur mendapat nomor urut 1, sedangkan Pasangan Calon Hery dan Wakilnya Adolf Gabur saat itu mendapat nomor urut 2.

Relawan Muda Paket Deno-Madur asal Kecamatan Satarmese Barat, Adrianus Nompidura mengaku senang dengan hasil undian nomor urut yang didapat oleh Paket Deno-Madur.

Menurutnya nomor 1 merupakan angka keberuntungan bagi Pasangan Calon Deno-Madur, pasalnya angka itu sudah pernah membawa Deno-Madur menang di Pilkada 2015.

“Memang kemenangan sebuah kandidat tidak bergantung pada nomor urut tetapi Kami tetap yakin bahwa nomor 1 ini merupakan kode alam yang sudah diatur oleh Tuhan untuk Pasangan Deno-Madur” tutur Ardi sapaan akrab Adrianus Nompidura itu.

Ia juga mengapresiasi kinerja KPUD Kabupaten Manggarai yang telah menyelenggarakan pengundian nomor urut secara arif dan bijak sehingga kegiatannya pun berjalan baik, lancar dan demokratis.

“Setelah Paket Deno-Madur mendapatkan nomor urut 1 tentu Kita apresiasi Penyelenggara Pemilu yang telah bekerja optimal menyelenggarakan pengundian. Bagi Kami nomor 1 adalah tanda kemenangan karena jika Kita kembali menoleh sejarah pada perhelatan politik sebelumnya angka nomor 1 yang membawa Deno-Madur memimpin Kabupaten Manggarai” kata Ardi.

Lebih lanjut mantan ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Manggarai itu menuturkan bahwa masa Pemerintahan Deno-Madur selama 5 tahun juga patut diberi apresiasi.

Ia menilai Deno-Madur sudah berjasa membangun Kabupaten Manggarai selama 5 tahun sehingga saatnya sekarang Kita berbicara kemajuan, bukan perubahan.

“Deno-Madur sudah berjasa membangun Kabupaten Manggarai. Jika orang tidak melihat sisi baiknya dari seorang Pemimpin, maka sesungguhnya orang itulah yang sedang sakit” ungkap Ardi mengutip pernyataan Presiden Jokowi.

Ia pun merinci beberapa capaian kerja yang sudah pernah dibuat oleh Pemerintahan Deno-Madur selama 5 tahun, yakni:

  1. APBD 1,2 triliun terserap dengan baik dan tepat sasaran. Pengelolaan APBD itu dinilai sangat subyektif dan transparan sampai dua kali mendapat opini WTP dari BPK.
  2. Infrastruktur jalan raya yang sudah sampai ke pelosok-pelosok Kampung.
  3. Pembangunan Puskesmas, Pustu, Puskesdes di setiap Kecamatan sehingga kecepatan pelayanan kesehatan terlihat jelas.
  4. Peningkatan Perumahan murah.
  5. Elektrifikasi listrik dari 171 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Manggarai.
  6. 145 Desa yang sudah dialiri listrik.
  7. Pembangunan irigasi dan lain-lain.

Hal serupa juga dikatakan Relawan Muda Deno-Madur asal Narang Kecamatan Satarmese Barat, Rudolf Jewadur.

Rudolf mengatakan bahwa politik sesungguhnya adalah pengabdian. Bisa dilihat bagaimana politisi membangun keakraban dengan konsituen. Sejauh mana sang politisi berkontribusi kepada Masyarakat, berbuat baik dan bekerja setulus hati untuk Masyarakat.

Menurutnya, nomor urut 1 yang diterima oleh Paket Deno-Madur sangat tepat untuk mengulang kesuksesannya memimpin Kabupaten Manggarai.

Selain itu, kata Dia, segudang pengalaman dan prestasi juga merupakan indikator bahwa kepemimpinan Deno-Madur layak dilanjutkan.

Tak hanya berbicara nomor urut dan kesuksesan Deno-Madur, Rudolf juga mengklarifikasi arti dua jari yang selama ini terlanjur diacungkan oleh Deno-Madur dan para Pendukung.

Menurutnya, dua jari itu memberi arti untuk masyarakat bahwa Deno-Madur pantas memimpin dua periode (Berto Davids).