Desa Golo Langkok, Ikut Serta Liga Desa Nusantara (LDN) 2019 Seri Provinsi NTT

DaerahTimor

Kupang, SorotNTT.com – Desa Golo Langkok, Kecamatan Rahong Utara, mewakili Kabupaten Manggarai pada Liga Desa Nusantara (LDN) 2019 seri Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam turnamen sepak bola yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, yang akan digelar pada tanggal 22-25 Agustus 2019, di Lapangan Desa Kesetnana, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Pelatih Golo Langkok, Nova Dwi Dewantoro kepada SorotNTT.com mengatakan, “Awal kami Desa Golo Langkok bisa lolos ke seri provinsi, yaitu mengikuti serangkaian kompetisi LDN seri Kabupaten Manggarai. Terlebih dahulu kompetisi bulan Juli itu dilaksanakan di lapangan Motang Rua Beokina, Desa Golo Langkok, Kecamatan Rahong Utara, saat itu diikuti oleh 7 desa, diantaranya; Desa Tengku Lese, Desa Liang Bua, Desa Nao, Desa Todo, Desa Golo Langkok, Desa Lalong, dan Desa Golo Cador. Turnamen Liga Desa Nusantara 2019 seri kabupaten manggarai, final Desa Golo Langkok vs Desa Nao. Final tersebut dimenangkan oleh Desa Golo Langkok, dari juara tersebut kami akhirnya dapat 1 tiket untuk melaju ke tingkat provinsi NTT, yang dilaksanakan di Desa Kesetnana, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan,” jelas Nova.

Golo Langkok salah satu desa yang mewakili Kabupaten Manggarai, mengikuti LDN 2019 seri Provinsi NTT, ditambah dengan 5 desa dari 4 kabupaten lain yang ada di Provinsi NTT, yaitu dari Kabupaten Belu : 1 desa, Kabupaten Flores Timur: 1 desa, Kabupaten Kupang: 1 desa, serta Kabupaten Timor Tengah Selatan : 2 Desa, Jumlah desa yg ikut Turnamen Liga Desa Nusantara Seri Provinsi ada 6 desa.

Nova melanjutkan, Sungguh Prihatin sebenarnya, Desa Golo Langkok berat sekali untuk berangkatkan pemain, karena minimnya anggaran dana, sebab Pemerintah Desa Golo Langkok, tidak menganggarkan kegiatan Liga Desa Nusantara itu pada APBDES Tahun 2019.

Namun, setelah pihak desa berkonsultasi dengan Pastor Paroki Beokina, akhirnya pemerintah desa bersama BPD, Tua Adat Beokina dan Romo Pastor Paroki Beokina, serta bersama simpatisan bola kaki di Beokina Desa Golo Langkok, duduk bersama untuk berangkatkan anak-anak ke Liga Desa Nusantara Seri Provinsi NTT 2019, yang tempat pertandingannya dilaksanakan, di Desa Kesetnana, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Lanjut Nova, akhirnya Tim Desa Golo Langkok diberangkatkan, dengan susunan Tim sebagai berikut: Kepala Desa Golo Langkok Paskalis Jehadir, A.Ma., Manajer Tim Romo Robilius Narto Mbongor, Pr., Wakil Manager Petrus Klaver Mujur, S.Ag., Pelatih Nova Dwi Dewantoro, dan asisten pelatih Yohanes Wilfridus Marison, serta 3 aparat Desa Golo Langkok dan 1 para medis, 18 pemain yg masih berstatus sebagai pelajar di SMAN 2 Rahong Utara (10 orang), SMK KARYA Ruteng (1 orang), SMAN 2 Ruteng Purang (2 orang), SMA Bina Kusuma (1 orang), SMA Primadona (1 orang), SMA Widya Bakti Ruteng (2 orang), SMAK Aquinas Ruteng (1 orang).

Nova mengatakan,  memang kami bermodalkan nekat saja datang ke provinsi, dengan anggaran sebesar 20 juta rupiah. Sumbangan masyarakat Desa Golo Langkok, kurang lebih sekitar 6 juta, sumbangan Bapak Camat Rahong Utara Rp1 juta (uang pribadi), Tua Adat Rumah Gendang Beokina Rp150.000, sumbangan SMA N 2 Rahong Utara Rp500.000, sumbangan ASKAB Manggarai Rp1 juta, sumbangan KONI Rp10 juta.

Sumbangan dari keluarga Diaspora Rahong Utara, yang berada di Labuan Bajo Manggarai Barat berupa, id card dan Banner bertuliskan kontingen, sumbangan 30 kaos untuk para pemain, dari Keluarga Besar Pastor Paroki Beokina, Rm. Robilius Narto Mbongor, Pr.

Laporan : Hendrikus Aditono