destinasi wisata Golo Lantar

Destinasi Wisata Golo Lantar Sungguh Menakjubkan

Daerah Flores Wisata

Golo Lantar tepatnya berada di Kecamatan Sambi Rampas, Desa Golo Ngawan bersebelahan dengan Paroki Lengko Ajang. Golo Lantar letaknya di ketinggian gunung di perkampungan Golo Ngawan, Kecamatan Sambi Rampas.

obyek wisata golo lantar

Di atas puncak gunung ini warga sekitar mendesainnya dengan cara yang sederhana tetapi membuat pengunjung nyaman. Dan itu berkat kerja sama dari umat Paroki St. Eduardus Watunggong dan umat Paroki Lengko Ajang yang letaknya tidak jauh dari gua Golo Lantar ini.

Ide cemerlang sudah mereka buktikan dengan adanya satu patung suci Gua Bunda Maria yang letaknya di puncak gunung ini. Di tempat ini sudah disediakan tempat istirahat (joglo) dan bangku-bangku yang terbuat dari kayu dan bambu.

Untuk mencapai ke puncak kita menaikiĀ  tangga sejumlah 180 anak tangga. Dan ini termasuk luar biasa lelahnya untuk mencapai puncak. Lebih asyiknya lagi tenda gantung yang dibuat persis di samping gunung ini. Dari tempat ini kita bisa melihat pemandangan yang indah hampir seluruh wilayah Wecamatan Sambi Rampas dan di kejauhan Pota pun nampak jelas terlihat dari Gua Golo Lantar ini.

Harapan dari warga sekitar Golo Lantar ini akan hadirnya kepedulian Pemda Matim untuk menjamah dan melirik tempat wisata ini belum terwujud. Bagi mereka tempat ini butuh tangan terampil dan biaya yang cukup untuk menjadi tempat wisata yang sempurna.

Sehingga tempat ini bisa mendatangkan sedikit rejeki bagi warga sekitar Gua Golo Lantar ini. Pembangunan anak tangga di gua ini untuk sampai ke puncak dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dan melibatkan umat Paroki Lengko Ajang dan umat Paroki St. Eduardus Watunggong.

salah satu spot untuk mengambil foto di Golo Lantar

Kondisi tempat ini sampai sekarang masih jauh dari sempurna. Namun hal tersebut tidak menyurutkan animo wisatawan yang datang. Di tempat ini terdapat sebuah tenda gantung yang meskipunĀ cuma terbuat dari bambu dan beralaskan pelupuh.

Walaupun belum dibuatkan pagar keliling di sepanjang jalan menaiki anak tangga tetapi tidak membuat wisatawan surut untuk mengunjungi tempat ini. Sungguh indah dan menakjubkan. Itulah Golo Lantar. (Wens/TIM)