Diduga Empat Tahun Buat Laporan Fiktif, Warga Mendesak Aparat Penegak Hukum Proses Kades Gunung Baru

Daerah Flores

Borong,Sorotntt.com- Warga Desa Gunung Baru, Kecamatan Kota Komba, meminta aparat penegak hukum, memeriksa Kepala Desa Gunung Baru, Permintaan itu lantaran kades diduga kuat tidak transparan dalam pengelolaan Dana Desa (DD) Tahun 2017-2020

Erasmus eman, salah satu warga setempat menyatakan, terdapat sejumlah aitem kegiatan yang pengelolaannya bermasalah, dan fiktif. Misalnya, Pembangunan balai desa yang dibangun menggunakan dana desa (DD) pada tahun 2018 dengan pagu dana Rp.158.546.300’00, Pembangunan poskesdes, Penyelenggaraan KBM paud dan pekerjaan telford ke dusun Lendo dengan pagu dana Rp. 240.428.571 Volume 830 meter.

“Jadi dalam laporan ke dinas PMD Sudah 100%. Sementara di lapangan banyak pembanguan yang tidak sesuai laporan. Ini laporan fiktif dan bermasalah. Untuk itu, kami minta apaeat penegak hukum untuk melakulan proses hukum dan Inspektorat Kabupaten Manggarai Timur turun audit Kades Gunung Baru,” Kata Eman Jumat,26/02/2021 melalui via WhatsAAp.

Masih Eras , mestinya Dinas PMD Matim harus segera rekomendasikan terkait laporan pertanggungjawaban dana desa gunung baru yang fiktif itu ke inspektorat atau ke aparat penegak hukum.

” Sudah sangat jelas Dinas PMD telah mengetahui adanya penyelewengan dana desa di gunung baru.yah harus segera buat rekomendasi ke Inspektorat untuk turun audit lah “, Harap Eman

Eras juga menyatakan, apabila tidak ada tindak lanjut dari instansi terkait, maka masyarakat akan memboikot aktifitas pemerintahan, dan itu akan jadi konflik berkepanjangan di desa.

“Sudah sejak lama saya mencium bau LPJ fiktif itu hingga saya aduhkan ke polres manggarai diruteng pada 27 mei 2019 lalu. Namun sampai saat ini tak ada kejelasan. Kemana lagi kami mengadu pak.”,Ujarnya

Menanggapi persolan di desa Gunung Baru pakar hukum, Dr. Laurentius Ni, S.H., M.H. mengatakan ,Terlalu berani pemerintah desa membuat laporan tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.perbuatan dari kepala desa Gunung Baru sangat mengecewakan pemerintah dan lemahnya pengawasan dan pengontrolan terhadap penyelenggaraan pemerintah desa.

“Sehingga pemerintah desa melakukan apa saja yang penting sudah ada laporan pertanggungjawaban , Bahwa kegiatannya sudah selesai ternyata pekerjaan itu belum diselesaikan”, Ujar Laurentinus

Ia juga mengharapkan kadis PMD Matim buat rekomendasi ke Inspektorat Matim untuk mengaudit kepala desa Gunung Baru atas laporan fiktif selama beberapa tahun belakangan.

“PMD harus buat rekomendasi Jika ada temuan dari Inspektorat bisa di tingkatkan ke Tipikor”, Harapnya

Laporan : Dodi Hendra