Diguyur Hujan Lebat, Saluran Irigasi Wae Wera di Nanga Baras Jebol

Daerah

Borong, SorotNTT.Com– Saluran irigasi Wae Wera, Kelurahan Nanga Baras, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) jebol.

Dari informasi yang berhasil dihimpun media ini, penyebab saluran irigasi Wae Wera ini jebol, akibat derasnya guyuran hujan yang terjadi beberapa pada tanggal 5-6 Februari 2021.

Seorang Tokoh masyarakat Kelurahan Urung Baras, Blasius Jeludin ketika dimintai pendapatnya oleh media ini, Senin 11 Februari 2021 menyampaikan, bahwa longsoran di saluran irigasi ini cukuplah besar dan berbahaya bagi nasib petani, apabila tidak di cari jalan keluarnya.

Ada beberapa titik yang bisa ditangani oleh tenaga manusia, tetapi ada beberapa titik yang butuh bantuan alat berat untuk mengangkat material longsoran yang menumpuk di saluran irigasi tersebut.

Mulai hari minggu(10/2) masyarakat melakukan swadaya untuk mengangkat material longsoran tersebut, tetapi tidak semuanya, jelas Blasius.

Kami sangat mengharapkan bantuan semua pihak untuk bisa membantu masyarakat Kelurahan Nanga Baras ini, sehingga kelak air bisa mengaliri sawah masyarakat.

Untuk mendatangkan alat berat tentunya butuh kerjasama semua pihak, dan ini sangat diharapkan cepat terealisai dalam waktu dekat ini, tutup Blasius.

Untuk diketahui saluran irigasi ini merupakan proyek yang bersumber dari APBN Pusat dan dikerjakan sekitar tahun 2013 silam.