Dinas PUPR NTT Sosialisasi Proyek  Peningkatan Jalan Kondo-SP. Noa-Hita

Labuan Bajo, Sorotntt.com,- Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan kegiatan sosialisasi proyek peningkatan jalan Kondo -SP. Noa-Hita.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertempat di Kantor Desa Kombo Selatan , Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat,NTT pada Sabtu, 14/5/22 sekitar pukul 09.30 WITA.

Turut hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut yakni, Kepala Seksi Perencanaan Dinas PUPR Propinsi NTT yang juga sebagai PPK pada peningkatan Jalan teraebut, Asisten Tekhnik, Korwil, Kapolsek Macang Pacar, Kepala Desa Kombo Selatan, Kepala Desa Manong, Kepala Desa Compang, Sekertaris Desa Loha, Konsultan Pengawas PT. Konindo Panorama bersama tim, Direktur PT. Gunung Sari Indah bersama tim, tokoh pendidik, tokoh masyarakat, tokoh adat, Para BPD Kombo Selatan serta para perangkat Desa Kombo Selatan.

Tim dari Dinas PUPR Propinsi NTT bersama peserta sosialisasi di Kantor Desa Kombo Selatan, 14/5. ( Foto : Pedi)

Kepala seksi Perencanaan dan juga sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Felipus Dere, ST. MT, menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi proyek jalan provinsi Kondo-SP.Noa-Hita guna mendapatkan pemahaman bersama dan dukungan dari Camat, para Kades, tokoh masyarakat, dan calon penerima manfaat. Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa diharapkan mendukung agar pelaksanan proyek berjalan baik dari awal pelaksanan hingga selesai 100 persen di tahun 2022 ini.

BACA JUGA:  Terkait Kebakaran Gedung Kejagung, Nama Djoko Tjandra Kembali Terkuak

Adapun beberapa hal penting yang berhubungan dengan kegiatan sosialisasi tersebut kepada masyarakat yaitu sebagai acuan sebelum pelaksanaan kegiatan serta memberikan informasi dan meminta dukungan kepada seluruh masyarakat terkait adanya kegiatan proyek peningkatan jalan Kondo -Noa-Hita dalam waktu dekat.

“Atas nama Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dinas PUPR kami menyampaikan bahwa pada intinya tujuan kami hadir disini guna melaksanakan sosialisasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat, kepada publik bahwa kita ada kegiatan peningkatan jalan di wilayah ini yang esensinya kami  mohon dukungan dan suport dari berbagai pihak, baik dari pemerintah melalui kepala desa maupun dari pihak keamanan Aparat Kepolisian dan TNI, tokoh muda, tokoh Agama serta seluruh masyarakat yang berada di sepanjang ruas jalan Kondo-Noa-Hita,” Jelas Felipus

BACA JUGA:  Basarnas Adakan Pelatihan Teknis Water Rescue di Labuan Bajo

Ia menambahkan bahwa adapun beberapa aspek penting yang disosialisasikan oleh Dinas PUPR NTT seperti aspek sosial dimana sosialisasi kepada masyarakat agar ikut serta dalam pelaksanaan pembangunan menjadi sangat penting sehingga masyarakat diminta untuk mendukung dan suport selama proses pengerjaanya. Selanjutnya aspek keselamatan, dimana para pengguna jalan dan pekerja konstruksi harus dipastikan keselamatannya.

“Pada pengerjaan proyek ini tentu ada proses-prosesnya yang akan mempengaruhi kondisi kegiatan masyarakat misalnya ada pekerjaan tumpukan material, ada kebun, lalulintas kendaraan proyek, dan lain sebagainya sehingga diminta kepada masyarakat harap memaklumi kondisi ini dalam proses nantinya. Kami juga akan meminta kepada pihak penyedia untuk menjaga kelancaran itu dan juga menjaga kondisi-kondisi di lapangan dengan memasang rambu-rambu serta hal-hal yang lain yang perlu dipersiapkan di lapangan untuk percepatan-percepatanya,” Ungkapnya

Tim dari Dinas PUPR Propinsi NTT bersama peserta sosialisasi di Kantor Desa Kombo Selatan, 14/5. (Foto : Pedi)

Diketahui proyek peningkatan jalan Kondo -SP.Noa-Hita sepanjang 6.94 km dengan nilai kontrak sebesar Rp. 23.823.067.000 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2022 atau DAK penugasan APBD I, dengan waktu pelaksanaan 195 hari kerja, konsultan pengawas PT. Konindo Panorama Konsultan, Kontraktor Pelaksana PT. Gunung Sari Indah. Pengerjaan tersebut nantinya ada 3 segment yaitu mulai dari Sano Limbung hingga Simpang tiga Hita.

BACA JUGA:  Kampus Politeknik eLBajo Commodus Kembali Menggelar FGD tahap II

Felipus mengatakan, pelaksanaan pekerjaan proyek peningkatan jalan provinsi Kondo-Noa-Hita tahun 2022 untuk 3 segmen antara lain, Segmen I mulai dari Sano Limbung, sedangkan di segmen II itu tidak semua dikerjakan ada lokasi tertentu saja yang dikerjakan , dan segmen III mulai dari Kampung Dukut hingga Simpang tiga Hita.

Penulis : Pedi