doa-dukungan-ugm-untuk-kpk

DOA DUKUNGAN UGM UNTUK KPK

Nasional

Yogyakarta, SorotNTT.com – Bismillahirrahmanirrahim… Ya Allah yang Maha Adil, dengan hati yang tulus, kami berdoa. Perlihatkan keadilanMu di tengah kami. Bimbinglah dan kuatkan kami untuk mengikutinya. Saksikanlah baju-baju kami yang hitam, wajah-wajah kami yang muram, kata-kata kami yang kelam. Hari-hari ini akal sehat dan nurani kami dirundung kesedihan amat mendalam.

Korupsi adalah kanker moral, kanker demokrasi, kanker ekonomi bangsa. KPK adalah buah reformasi bagi kami yang amat berharga untuk melawan korupsi, kanker yang merajalela itu. Tapi kini ada begitu besar kekuatan jahat yang terang-terangan justru hendak mematikan KPK demi kepentingan sempit mereka.

Kami mensyukuri KPK sebagai bagian dari berkah reformasi, sebagai upaya untuk menjalankan amanah konstitusi. Kami sungguh amat masygul menghadapi kekuatan yang hendak merenggut kembali semua itu dari pelukan kami.

Kami tak ingin hanya mengutuk kegelapan. Kami terus berupaya melakukan segala ikhtiar yang kami bisa untuk menyalakan lilin harapan, untuk mencegah tangan-tangan jahat yang hendak mematikan KPK.

Di Balairung kampus tercinta ini, dengan segala kerendahan hati, dengan segala harapan yang tinggi, dengan prasangka terbaik atas kehendakMu, kami berdoa mengetuk pintuMu, Ya Allah. Agar Kau ketuk pula hati para pemimpin kami dan orang-orang kuat di sekitarnya yang berdiri dengan segala macam kepentingan di tangan mereka. Terangi mata hati mereka dengan cahaya kebenaranMu.

Sebelum pemilu, sebagai alumni Jogja, sebagai alumni UGM, kami berdoa untuk kemenangan Presiden Jokowi. Kami berdoa dan mendukung Presiden Jokowi karena ia kami anggap sebagai pemimpin yang mengutamakan akal sehat, hati nurani dan kepentingan rakyat. Pemimpin yang punya keberanian menempuh risiko, demi kemajuan bersama bangsa ini. Karena itu, kami kembali berdoa, jagalah dan tunjukilah agar ia tetap menjadi pemimpin sesuai amanat yang kami percayakan kepadanya.

Berilah kembali kekuatan kepada kami untuk bersatu, bekerjasama melawan angkara murka. Kami berdoa dan berusaha demi kelangsungan KPK, demi cita-cita UGM, demi kehidupan bersama yang sehat, tanpa korupsi. Demi masa depan kami semua, bangsa Indonesia. Kami berusaha dan berdoa demi masa depan anak cucu kami, agar kami tetap menjadi manusia, dengan akal budi dan hati nurani sebagai karuniaMu yang paling berharga.

Hanya Engkau yang Maha Memberi kekuatan dan pertolongan. 

Ya Allah, kabulkanlah doa kami. Amin.

(Dibacakan oleh Achmad Munjid bersama perwakilan dari berbagai komunitas agama lain dalam “Aksi Menolak Gerakan Pelemahan KPK” di Balairung UGM, 15 September 2019).

Siaran Pers