Dua Tahun Buat Laporan Fiktif, Kadis PMD Matim Panggil Kades Gunung Baru

Daerah

Borong,Sorotntt.com- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat desa (PMD) Kabupaten Manggarai Timur, Yosef Durahi, Memanggil kepala desa Gunung Baru, Kecamatan Kota Komba, Pasalnya semua loporan dana desa (DD) mulai dari tahun 2018-2020 diduga fiktif.

Seperti dilansir dari media online Posflores pada Selasa,23/02/2021, Kadis PMD bersama ke lima stafnya meninjau langsung ke desa gunung baru dan hasilnya ada beberapa aitem kegiatan yang mubazir misalnya, Pembangunan balai desa yang dibangun menggunakan DD pada tahun 2018 dengan pagu dana Rp.158.546.300’00, Pembangunan poskesdes, Pembangunan gedung paud dan pekerjaan telford.

Pantauan media ini pada Rabu, (24/02) Kepala Desa Gunung Baru, Ketua BPD, Bendahara dan sekretaris Hadir di Gedung PMD Matim untuk dimintai keterangan terkait adanya rekayasa laporan fiktif pengelolaan dana desa (DD) dari tahun 2018-2020 .

Kepala Dinas PMD Yosef Durahi di Kantor PMD Matim mengatakan, Pemanggilan kades gunung baru hari ini untuk meminta pertanggungjawaban terkait aitem-aitem pekerjaan yang mubazir di desa itu. Salah satunya pembangunan balai desa yang sampai saat ini belum dimanfaatkan , Namun dilaporan Surat Pertanggung jawaban (LPJ) Selama ini 100% 

” Sebagai pemerintah, Saya butuh penjelasan dari bapak kepala desa, Makanya saya panggil bapak hari ini dan kira-kira apa alasannya ?”, Katanya.

Pihak PMD Matim juga meminta Kepala Desa Gunung Baru untuk membuat surat pernyataan, untuk menyelesaikan aitem-aitem pekerjaan yang mubazir itu.

Tujuan saya panggil hari ini, untuk meminta klarifikasi sekaligus membuat surat pernyataan, inti dari pernyatan itu untuk segera selesaikan pembangunan balai desa tersebut dan aitem lain yang belum di selesai ” Ujarnya.

Anehnya lagi  Pembangunan gedung paud yang sudah dianggaran di APBDS tahun 2019, Namun sampai saat ini belum juga di kerjakan, tutur mantan Camat Elar itu.

“Apa alasannya sehingga tidak dikerjakan , Seharusnya aitem pekerjaan yang sudah dimasukan ke APBDS harus dikerjaka pada tahun tersebut, Jangan bohong pak kades “, Kesal mantan camat Elar itu.

Ia juga menyayangkan lemahnya pengawasan dari BPD, sehingga banyak pembangunan yang mubazir.

“BPD itu tugasnya melakukan pengawasan  kinerja dari  kepala desa, Jangan hanya diam saja.”, Tandasnya.

Terpisah, Kepala Inspektorat kabupaten  Manggarai Timur (Matim), R. Gonsa Tombor saat diwawancarai media ini pada Rabu,24/02/2021  menjelaskan, Terkait persolan yang terjadi di desa gunung baru sampai saat ini pihaknya belum mengetahui.

“Kami belum tau adik ,sampai saat ini belum ada pengaduan yang masuk ke kami. kalau ada pengaduan pasti kami tindak lanjuti”,Jelasnya.

Laporan : Dodi Hendra