tersangka-pembuangan-bayi-laci-lambaleda

Dua Tersangka Kasus Pembuangan Bayi Di Kampung Laci Resmi Ditahan

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com – Kasus pembuangan bayi di lubang wc  di Desa compang mekar Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur pada 28 April 2019 lalu, menemui titik terang. Sebab, ke dua tersangka sudah resmi ditahan di Polres Manggarai, Kabupaten Manggarai, Rabu (18/09/2019).

Kapolsek Lamba Leda, Ipda Stanislaus Jemadu mengatakan, pihaknya telah menyerahkan kedua  pelaku pembuangan bayi, sekaligus ibu dari bayi tersebut ke Polres Manggarai.

“Saya pikir tidak ada kendala lagi setelah melakukan rekonstruksi 45 kali di TKP, dan di saksikan langsung oleh empat orang dari kejaksaan cabang Reo, dan penasehat hukum,” ujar Stanislaus.

Kepolisian Sektor Lamba Leda, Ipda Stanislaus Jemadu mengatakan, penitipan ke dua orang tahanan dalam kasus pembuangan bayi,  sesuai laporan polisi nomor : 08/IV/2019/NTT/Res Manggarai/Sek.Lamba Leda, tanggal 28  April 2019. Dengan surat perintah  penahanan : Nomor sp.Han /A/02/IX/2019/Unit Reskrim, tanggal 18 September 2019.

“Kedua tersangka tersebut yakni FJ (27) ibu kandung dari korban (bayi), sedangkan AS (52) ibu dari pelaku pembuangan bayi (nenek dari korban), dititipkan di Rutan Polres Manggarai oleh Kapolsek Lamba leda ,” Tandas Stanislaus

 Lanjut  Stanislaus, “Kedua pelaku tersebut dijerat Pasal 80 ayat (3), Jo pasal 76C, UU No. 35 Tahun 2014. tentang perubahan UU No.23 Tahun 2002, tentang Perlindungan Anak, Jo pasal 55 Kitab Undang – Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), dan di ancam hukuman lima belas tahun penjara (15),” jelas Stanislaus.

“Dalam proses pengembangan,  tentunya kami harus cermat dalam mengungkap kasus ini, dan kami juga tidak mau gegabah, untuk sementara penyidik kami sementara melengkapi berkas perkaranya,” tutup Stanislaus.

Pantauan SorotNTT.com, di rumah tahanan Polres Manggarai, kedua tahanan tersebut diterima oleh petugas satuan perawatan tahanan dan barang bukti ( Sat Tahti) Polres Manggarai, Brigpol Roby Lema. 

Laporan : Dodi Hendra