Eksotis, Keindahan Pantai Wae Wole di Manggarai Timur Bikin Baper

Daerah

Borong, SorotNTT.com– Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal akan keindahan pantainya yang digemari tidak hanya oleh para wisatawan Nusantara juga para wisatawan Mancanegara. Selain menawarkan alam pantai-pantai di Manggarai Timur juga menawarkan sejumlah wisata air yang menarik untuk dinikmati wisatawan.

Salah satunya adalah pantai Wae Wole yang terletak di Kampung Wae Wole, Wae Lengga, Kelurahan Watu Nggene, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur. Tempat ini memberikan kesejukan dan kenyamanan bagi para wisatawan. Sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga, sahabat. Tak terkecuali para Jomlo, tentu.

Suasana pantai Wae Wole sangat menakjubkan dengan pemandangan natural, alami, elok, eksotis, membuat Anda semakin betah dan yaman ketika Anda menyempatkan diri berkunjung ke tempat ini.

Pantai ini airnya tampak bersih, ditambah dengan pasirnya yang berwarna putih yang dipadu batu-batu kecil di sepanjang dataran pantai membuat pantai ini semakin indah untuk dipandang.

Di pantai Wae Wole Anda juga akan dimanjakan dengan indahnya gulungan ombak pantai di sepanjang dataran pantai. Selain itu Anda juga akan menikmati indahnya tiang-tiang dermaga Wae Wole yang berjejer rapi. Selain menikmati pantai Anda dapat melihat kapal angkutan barang yang sedang berlabu di dermaga Wae Wole.

Walaupun ditengah teriknya sinar mentari pantai ini akan memberikan kesejukan tersendiri bagi Anda yang hedak menikmati indahnya Pantai Wae Wole.

Disisi timur pantai ini Anda akan menikamti indahnya panorama gunung Inerie yang menyerupai piramida.
Gunung Inerie adalah salah satu gunung api aktif yang ada di pulau Flores gunung ini mempunyai ketinggian 2. 245 meter di atas permukaan laut. Gunung Inerie terletak di wilayah kabupaten Ngada. Keindahan dari gunung ini bisa dijadikan salah satu spot foto yang elok dan eksotis.

Selain menikmati keindahan panorama gunung Inerie Anda juga bisa menikmati sisi lain dari pantai Wae Wole misalnya di sisi barat pantai Wae Wole Anda akan menikmati Tanjung Bendera dengan Padang Mau Sui yang berwarna kuning keemasan. Padang rumput di Mau Sui menjadi salah satu tempat vaforit para wisatawan yang ingin berkuda.

Di balik keindahannya, Padang Mau Sui menyimpan kisah kesatria suku-suku di Manggarai Timur saat melawan ekspansi kerajaan Bima. Padang Mau Sui pula menjadi saksi heroik Pria Manggarai Timur.

Salah satu pengunjung Mulia Donan ketika ditemui SorotNTT.com Minggu, (13/09/2020) kepada media ini menuturkan bahwa keindahan pantai ini sungguh sangat menarik dan luar biasa.

Mulia menjelaskan, pantai ini memberikan kesejukan dan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung karna di pantai ini udaranya sangat segar dan air lautnya sangat bersih. “Jujur saya betah berkunjung di pantai ini”.

“Ditempat ini saya tidak menemukan sampah yang berserak di sekitar bibir pantai baik itu sampah organik maupun non-organik. Tempat ini memang sangat terjaga keasliannya”, ungkap Mulia penuh kagum.

Mulia menambahkan, di pantai ini kita tidak hanya dimanjakan dengan keindahan pantai namun tempat ini memberikan sejuta keindahan-keindahan lain seperti panorama gunung Inerie dan Tanjung Bendera Dangan padang Mau Sui yang membentang luas.

“Tempat ini memang sangat luar biasa. Saya sangat betah dan nyaman berkunjung ke tempat ini”, tutur Mulia.

Mulia berharap, semoga kedepan tempat ini semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Sekedar informasi, untuk Anda sebelum menikmati indahnya panorama pantai Wae Wole Anda juga bisa berkunjung atau berwisata di Gua Bunda Maria Paroki St. Arnoldus Wae Lengga tempat ini memberikan keindahan tersendiri bagi Anda sambil berswafoto atau berselfi ria dengan latar belakang gua dan tangga yang menyusun rapi.

Jarak tempuh dari Borong ibu kota Kabupaten Manggarai Timur ke Pantai Wae Wole kurang lebih mencapai 20 kilo meter dengan perjalanan selama 30
menit lamanya. Akses jalan menuju Pantai Wae Wole sudah sangat bagus.

Dari Borong Anda akan melintasi jalur jalan trans Flores arah timur menuju Wae Lengga. Sebelum masuk pasar Wae Lengga anda akan menjumpai jalan simpang tiga lalu Anda belok kiri. Kurang lebih jarak sekitar 30 meter Anda akan sampai ditempat tujuan yang Anda impikan.

Tak perlu khawatir untuk Anda yang ingin nginap atau beristirahat di tempat ini sudah tersedia homestay seperti Mbalata Beach Cottage. Selain itu, di tempat ini juga sudah tersedia fasilitas-fasilitas lain seperti kios, dan rumah makan.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid 19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak berpergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Penulis: Mulia Donan