Erupsi Ile Lewotolok Pagi Ini, Warga Panik Mencari Tempat Perlindungan

Daerah

Lembata, SorotNTT.Com – Erupsi gunung ile Lewotolok di kecamatan Ile Ape, kabupaten Lembata, sejak 3 hari lalu masih berlanjut hingga hari ini, Minggu (29/11).

Erupsi hari ini, terbilang cukup membuat masyarakat di dua kecamatan yaitu Ile Ape dan Ile Ape Timur, yang berada di lereng gunung ile Lewotolok panik bahkan berhamburan saat sedang berada di gereja.

Beberapa sumber menyebutkan, erupsi hari ini sekira pukul 9.45 WITA, erupsi dengan semburan abu disertai batu membumbung tinggi ke arah Utara.

Informasi yang dihimpun media ini, masyarakat di sekitar gunung tersebut, telah mengungsikan diri secara mandiri menuju ke pusat ibu kota Lewoleba walau banyak warga di beberapa desa seperti Lamawolo, Tokojaeng, Lamau, Lamagute, Waimatan masih terjebak dengan hujan abu yang terus membumbung tinggi.

Markus, salah seorang warga Lewotolok, di kecamatan Ile Ape, mengatakan sejak pagi, pasca erupsi, warga di Lewotolok banyak telah mengungsi ke kecamatan Nubatukan dengan membawa barang seadanya.

Media ini belum berhasil mengkonfirmasi pihak Pemkab Lembata, namun terlihat BPBD Lembata bersama Polisi dan TNI sedang sibuk membantu memgungsikan warga.

Sampai sekarang situasi masih aman , walaupun terjadi kepanikan warga akibat erupsi yang tergolong besar ini.