lpj-kades

Feliks Limbo: Mantan Kades Sangan Kalo belum Lakukan LPJ Akhir Masa Jabatan

DaerahFlores

Borong, SorotNTT.com – Warga Sangan Kalo Kembali menyoroti Pemerintah Desanya yang hingga saat ini belum melakukan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) masa Jabatan akhir tahun.

Hal ini disampaikan oleh Feliks Limbo, warga Desa Sangan Kalo. Kepada SorotNTT.com melalui sambungan telpon pada, Jumat (20/9/2019), ia mengungkapkan, sampai hari ini laporan pertanggungjawaban masa akhir tahun dari Kepala Desa Sangan Kalo belum ada. 

Menurutnya, jika rekomendasi yang dikeluarkan dari Inspektorat dinyatakan lolos bagi Incumbent Desa Sangan Kalo, itu berarti masyarakat nantinya akan mengadu ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terkait dengan LPJ. 

“Apalagi Bukti fisik dilapangan sangat bertentangan dengan rekomendasi dari Inspektorat,” kata Limbo.

Dia menjelaskan, hasil pemeriksaan Inspektorat untuk Desa Sangan kalo yang kami dapat bahwa dalam surat rekomendasi tersebut  menerangkan “Hasil temuan Desa sangan kalo sudah ditindaklanjuti”. 

“Yang ditindaklanjuti ini, apakah administrasi atau fisik?” tanya Feliks. Selain itu, lanjutnya, sebagai masyarakat kami akan coba berkoordinasi dengan pihak BPD untuk mempertanyakan hasil rekomendasi yang dikeluarkan oleh pihak Inspektorat. 

“Apalagi dalam rekomendasi yang dikeluarkan oleh inspektorat Matim tidak diuraikan secara detail apa-apa saja temuan di Desa Sangan Kalo,” imbuhnya. 

Masih kata Feliks, kemarin tepatnya hari terakhir pendaftaran, kebetulan Ketua BPD-nya pulang dari Kampung Mata Kabe, dijalan berpapasan dengan Kades incumbet yang baru pulang mendaftar diri menjadi peserta Pilkades. Mereka berniat memberi dijalan berkas LPJ itu, namun BPD menolak.

“LPJ itu seharusnya diserahkan di Kantor Desa yang dihadiri oleh BPD dan masyarakat,” cetusnya. 

Terpisah Ketua Badan Permusyawatanan Desa,(BPD) Sangan Kalo, Elisabeth Nuryati, membenarkan terkait LPJ yang hingga saat ini belum dilakukan oleh pihak Kades Sangan Kalo.

“Ia betul, Mantan Kepala Desa Sangan Kalo sampai hari ini belum lakukan LPJ akhir masa jabatannya. Pada hal pada bulan Mei kemarin BPD sudah keluarkan surat kepada Kades untuk melakukan LPJ nya”, kata Elisabeth saat dikonfirmasi SorotNTT.com melalui sambungan telpon pada, Sabtu (21/9/2019).

Menurutnya, informasi yang disampaikan warga terkait penyerahan Berkas LPJ dijalan itu benar. Namun, Berkas tersebut kami tolak.kantor Desanya ada, untuk apa kasih dijalan. 

Diakuinya, Pada bulan Mei kemarin, BPD sudah mengeluarkan surat pemberitahuan kepada Kepala Desa untuk segera melakukan LPJ. Namun, hingga saat ini belum dilakukan.

“BPD sudah berkoordinasi dengan Mantan Kades, dalam waktu dekat pihak Kades harus melakukan LPJ akhir masa jabatannya di hadapan BPD di Kantor BPD Sangan Kalo,” pungkasnya. 

Laporan : Ferdinandus Lalong