George : Karakter Seseorang Menentukan Kualitas Kerjanya

Daerah

Kupang, SorotNTT.Com-Plt. Kepala Biro Umum Setda Provinsi NTT, George M. Hadjoh mengatakan bahwa setiap staf pada Biro Umum Setda Provinsi NTT harus memiliki karakter yang kuat dalam dirinya, agar didalam bekerja, mereka mampu menghasilkan produk – produk yang berkualitas untuk kemajuan Provinsi NTT.
Hal ini dikatakan oleh George disela – sela kegiatan Outbond dan Character Building Biro Umum Setda Provinsi NTT yang diselenggarakan di Pantai Otan, Kecamatan Semau Selatan, Sabtu 10/10/2020.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini
(10 s/d 11 Oktober 2020) bertujuan agar ada perubahan sikap, perilaku, tutur kata dan juga pola pikir dari setiap staf di Biro Umum.
“Harus ada perubahan setiap minggunya,” ujar George.

Hal ini tentunya sangat penting dilakukan agar setiap ASN lingkup Pemerintah Provinsi NTT umumnya dan Biro Umum khususnya mampu menterjemahkan setiap ide dan gerak cepat Gubernur dan Wakil Gubernur NTT saat ini. Menurut George dengan ide cemerlang yang datang dari kedua pemimpin saat ini, harus mampu diimplementasikan dalam pekerjaan sehari – hari.
“Dengan karakter yang kuat sudah pasti kita mampu bekerja dengan baik, jujur, disiplin dan juga bertanggung jawab,’ urainya.

Untuk kegiatan outbond dan pembentukan karakter ini menghadirkan dua pemateri, masing – masing Claudia Novela yang membawakan materi berkaitan dengan komunikasi. Pada kesempatan ini Claudia yang juga adalah lulusan Universitas Petra Surabaya ini mengatakan bahwa komunikasi sangat penting dalam bekerja,intinya percaya diri dan mengedepankan etika.Dan juga dalam berkomunikasi harus memperhatikan volume, kecepatan berbicara dan juga intonasi. Sementara itu pemateri kedua, Pdt. Johny Kilapong dalam materi yang disampaikannya lebih menekankan kepada karakter ASN yang mampu menghadirkan kuasa Allah dalam setiap pekerjaannya. Menurut ketua Yayasan Generasi Unggul ini, setiap manusia tidak akan bisa sukses dengan cara biasa. Harus dengan kerja keras dan mengandalkan Tuhan dalam setiap pekerjaan. Sebelum mengakhiri materinya, Pendeta Johny mengingatkan agar setiap orang harus memiliki 4S dalam hidupnya, yakni Sadar Tuhan, Sadar Manusia, Sadar Hidup dan juga Sadar Tanggung Jawab.

Setelah mendengar materi yang dibawakan oleh kedua narasumber ini, dilanjutkan lagi beberapa kegiatan antara lain games, api unggun dan renungan malam.

Sedangkan untuk hari kedua (11/10/2020) dilakukan kerja bakti di seputaran Pantai Otan dengan melibatkan seluruh ASN Biro Humas, Mahasiswa PKL dan juga dari Sekolah Keberbakatan Olahraga (para atlit Kempo) yang semuanya berjumlah kurang lebih 400 orang dan dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Biro Umum George M. Hadjoh.