Giat Pemberian Vitamin A dan Obat Cacing Bagi Balita, Ini Himbauan Kades Mukusaki Kepada Masyarakat

Ende, Sorotntt.com,- Upaya pemenuhan gizi dan vitamin A bagi balita serta bagi masyarakat, pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Kesehatan telah menetapkan Bulan Kapsul Vitamin A jatuh pada bulan Februari dan Agustus diberikan kepada bayi dan balita di usia 6 sampai 59 bulan.

Seperti halnya di Desa Mukusaki, para nakes Desa Mukusaki serta ibu-ibu kader posyandu yang bekerjasama dengan pihak Puskesmas Mukusaki melaksanakan kegiatan pemberian vitamin A dan obat cacing secara gratis bagi balita berusia 6 bulan sampai 5 tahun pada Selasa, (8/2/2022) bertempat di Posyandu Dusun Mukusaki, Desa Mukusaki, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende,NTT.

Hasbiatur rahmania, salah satu nakes yang ditugaskan di Desa Mukusaki kepada media ini menjelaskan bahwa “tujuan pemberian vitamin A yaitu guna mengurangi peningkatan resiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi, saluran pernapasan atas, campak dan diare serta kebutuhan. Sedangkan pemberian obat cacing tersebut agar dapat mengatasi atau membasmi berbagai cacing  dalam tubu anak- anak dan bisa mengurangi kondisi stanting pada anak,” Jelasnya

BACA JUGA:  IMAPEL TB Gelar Pelantikan BP 2020-2021

Lebih lanjut Ia menuturkan bahwa kapsul vitamin A ada dua macam yaitu kapsul yang berwarna  biru di berikan pada bayi balita yang berusia 6 sampai 11 bulan sedangkan kapsul yang berwarna merah di berikan pada anak yg berumur 12 sampai 59 bulan. Sementara untuk obat cacingnya di berikan kepada anak berusia di atas 1 tahun.

Para Nakes Puskesmas Mukusaki Melaksanakan Kegiatan Pemberian Vitamin A Kepada Bayi dan Balita di Kantor Desa Mukusaki

Sementara Kepala Puskesmas Mukusaki, Theodorus Doi, A.Md, Kep,. mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus.

BACA JUGA:  Bupati Matim Bersama BPOLBF Terus Bersinergi Membangun Pariwisata 

Ia berharap agar  masyarakat memperoleh vitamin A dan obat cacing secara gratis tersebut bisa di peroleh di tempat posyandu atau puskesmas terdekat pada setiap bulan Februari dan Agustus setiap tahun.

Kepala Puskesmas Mukusaki, Theodorus Doi, A.Md, Kep

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Mukusaki, Fabianus Sandi Siga, SP menyampaikan apresiasi kepada pihak puskesmas Mukusaki, para nakes  Desa Mukusaki serta ibu-ibu kader posyandu yang telah melayanai kebutuhan masyarakat.

Saya selaku kepala wilayah di Desa Mukusaki mengucapkan banyak terimakasih bagi nakes dari puskesmas Mukusaki yang telah bekerjasama dengan nakes Desa Mukusaki dan ibu-ibu kader selingkup wilayah kerja Pemdes Mukusaki yang sudah melayani kebutuhan masyarakat,“. Ujar Kades Fabianus

BACA JUGA:  KLC : Ada Tangis di Balik Proyek Jalan Menuju Golo Mori

Lebih lanjut Kades Fabianus menghimbau kepada orang tua bayi dan belita serta masyarakat sewilayah Desa Mukusaki agar mempunyai kesadaran untuk selalu mengecek kondisi anak-anak di posyandu dan tetap didukung dengan asupan makanan yang mengandung vitamin A.

Ayo marilah kita sama-sama mewujudkan hidup sehat menata masa depan generasi baru” Tuturnya

Pedi Paty