GMPSH Memohon Pembatalan Calon Bupati Mantan Terpidana di KPU Mabar.

Daerah

Labuan Bajo, SorotNTT.com-Gerakan Masyarakat Peduli Demokrasi dan Penegakan Supremasi Hukum Manggarai Barat (GMPSH) yang terdiri dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh perempuan mendatangi kantor KPU Kabupaten Manggarai Barat(MABAR) Selasa(7/09/202)

Kedatangan GMPSH terkait permohonan pembatalan terhadap calon bupati Manggarai Barat atas nama Edistasius Endi.

Diketahui Edistasius Endi berpasangan dengan Yulius Weng (paket Edi-Weng) dalam mengikuti pertarungan perebutan Bupati dan Wakil Bupati Mabar 2020-2025.

Dalam laporan itu diketahui Edistasius Endi telah melanggar UU Pilkada No. 10 Tahun 2016 pasal 7 huruf (i) dan PKPU No. I Tahun 2020.

Menurut ketua GMPSH, Jefri Hampu bahwa dari empat pasangan calon yang sudah terdaftar di KPU Mabar, terdapat salah satu calon bupati yang memiliki catatan kriminal atas nama Edistasius Endi paket Edi-Weng

Menanggapi laporan GMPSH, Komisi Pemilihan Umum Dearah (KPUD) Manggarai Barat, melalui juru bicara KPUD Mabar; Krispinus Bhedu Somerpos menyampaikan apresiasi kepada masyarakat dalam hal ini masyarakat yang bergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Demokrasi dan Penegak Supremasi Hukum (GMPSH) yang telah menyampaikan pengaduan ini.

“Kami mengucapkan apresiasi kepada masyarakat atas masukan dan tanggapan yang memang seharusnya diikuti dalam setiap tahapan pemilihan, khususnya tahap pendaftaran.” Tutur Krispinus.

“Kami juga apresiasi atas berkas laporan yang dimasukan tadi, selain secara tertulis juga dilampiri dengan berkas tambahan yang memudahkan kami dalam penelitian hal ini.” Lanjut Krispinus.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya akan mendalami laporan tersebut sesuai regulasi yang ada dan dalam tahapan verifikasi berkas. Tutup Krispinus.

Tembusan permohonan GMPSH ini ditujukan kepada:
-KPU RI
-Badan pengawas pemilu RI
-Kepolisian RI
-Mahkama konstitusi RI
-KPUD Provinsi NTT
-Badan pengawas pemilu kab. MABAR
-KAPOLDA NTT
-KAPOLRES MABAR
-Dewan kehormatan penyelenggara pemilu
-Arsip

(Ovan Tamur)