Gubernur AAU Pimpin Ziarah Rombongan di TMPN Kusumanegara

Daerah

Yogyakarta, SorotNTT.Com-Dalam rangka memperingati HUT ke-75 Tentara Nasional Indonesia tahun 2020, Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsda TNI Nanang Santoso memimpin langsung upacara ziarah rombongan di Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman, Taman Makam Pahlawan Nasional Kusumanegara, Yogyakarta, Rabu (23/9/2020).

Ziarah rombongan tersebut diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh pimpinan ziarah, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan diakhiri dengan pembacaan doa dipimpin Ustadz H. Mahfudin, S.Ag.

Tradisi ziarah rombongan sengaja dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur mendarmabaktikan jiwa dan raganya kepada nusa dan bangsa, dimana bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya, dan kali ini tema ziarah “Sinergi Untuk Negeri” yang melibatkan TNI dan Polri, serta unsur Forkopimda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di hadapan awak Media Nanang Santoso berharap, momen ziarah rombongan kali ini dapat memberikan pelajaran kepada kita semua khususnya para prajurit TNI untuk terus memberikan penghormatan sekaligus penghargaan yang tinggi atas jasa-jasa para pahlawan sekaligus meningkatkan semangat juang untuk meneruskan cita-cita para pendahulu, dan sinergitas para prajurit TNI dimanapun bertugas.

Gubernur AAU juga menegaskan bahwa apa yang kita nikmati dan rasakan saat ini adalah hasil dari sejarah. Dibalik sejarah tersebut banyak pengorbanan dan perjuangan yang luar biasa dari para pahlawan yang sangat berjasa besar bagi kehidupan kita saat ini, sehingga kita jangan sekali-kali mengabaikan jasa para pahlawan.

Turut hadir bapak Teguh yang merupakan putra dari Pangsar Soedirman, para pejabat TNI dan Polri serta Pemda DIY, diantaranya Kapolda DIY, Danrem 072/PMK, Danlanal Yka, dan Walikota Yka, serta diikuti 5 orang pasukan perwakilan dari masing-masing matra Darat, Laut dan Udara. Usai acara ziarah diakhiri dengan tabur bunga ke pusara para pahlawan dan pengisian buku tamu.

Pusat Penerangan TNI