Gubernur Laiskodat: Soal Pabrik Semen, Saya Harapkan Semua Proses Berjalan Sesuai Aturan

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Manggarai Timur (Matim) tepatnya di Kecamatan Sambi Rampas.

Dalam kunjungan kerja tersebut Gubernur beserta rombongan serta jajaran pemerintah daerah Matim menggelar kegiatan tanam jagung dan bawang secara simbolis di lokasi yang telah disiapkan, Kamis (25/06/2020).

Dalam sambutannya Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, S.H, M.H menyampaikan dirinya berharap kelompok tani di wilayah tersebut fokus merawat tanaman yang di tanam agar membuahkan hasil yang baik.

Bupati juga berjanji kepada kelompok tani dirinya akan memberikan apresiasi apabila hasil panen memenuhi target yang diharapkan.

Terpisah Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya mengapresiasi kinerja Pemerintah Manggarai Timur dalam meningkatkan produktifitas di bidang pertanian.

Gubernur juga berharap rencana investasi pabrik semen di wilayah Manggarai Timur bisa berjalan karena produksi semen memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat NTT yang selama ini mengalami defisit sebesar delapan ratus ribu ton per tahun.

Lebih lanjut Gubernur menegaskan kepada Bupati Manggarai Timur agar mengawal investasi tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya bilang ke pak bupati tolong jaga itu investor supaya jangan lari, kita jaga dengan seluruh peraturan perundang-undangan yang melekat pada jabatan Gubernur maupun Bupati,” ujarnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di NTT itu menyampaikan bahwa apabila pabrik semen berjalan Manggarai Timur akan mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

“Kalau pabrik semen bisa berjalan dengan baik, Manggarai Timur akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa dari pabrik semen itu,” imbuhnya

Gubernur juga berharap agar pemerintah daerah terus mengawasi proses AMDAL dan apabila sudah memenuhi syarat pabrik semen bisa beroperasi di wilayah Manggarai Timur.

“Saya minta bapa bupati untuk proses berlanjut sambil kita kawal seluruh AMDALnya, amdalnya dikawal dengan baik setelah semuanya selesai maka saya harapkan pabrik semen ini bisa berjalan,” ungkapnya.

Gubernur juga berharap semua pihak ikut mengawal proses AMDAL agar berjalan dengan baik, dirinya juga berharap pembangunan industri pabrik semen tetap menjaga lingkungan agar tidak rusak.

“Dengan berpikir pembangunan yang inklusif maka kita harapkan pembangunan pabrik semen nanti juga akan menjaga agar lingkungan juga tidak menjadi rusak, ini harus berjalan bersama-sama tidak mungkin kita mengabaikan hal-hal seperti itu,” tutupnya.

(Deny)