Gubernur NTT : Budaya Literasi harus Diwariskan pada Generasi Muda

Gubernur NTT,Viktor Bungtilu Laiskodat hadir dalam acara Bedah Buku dan Launching Antologi Puisi Religi “Sang Mesias” (Foto:Humas)

Kupang,Sorotntt.com – Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, mengatakan karya dan budaya literasi harus terus diwariskan pada generasi muda. Pentingnya pemahaman literasi yang baik untuk membantu manusia dalam perkembangan ilmu pengetahuan. sehingga menghasilkan karya tulisan dari pemikiran dan refleksi kritis yang dapat dibaca dan berguna bagi orang lain.

Demikian dikatakan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dalam acara Bedah Buku dan Launching Antologi Puisi Religi “Sang Mesias” dan Pameran Buku Karya Pater Fritz Meko, SVD yang dilaksanakan di Hotel Cahaya Bapa, Naikoten Kupang pada Sabtu (2/4). Dalam acara tersebut, Gubernur turut mengapresiasi Pater Fritz Meko, SVD atas karyanya tersebut.

“Kita semua tentunya sangat mengapresiasi dengan kebanggan luar biasa atas launchingnya buku karya Pater Fritz Meko, SVD. Kita juga berterima kasih kepada Pater Fritz Meko yang lewat karyanya ini membantu kita untuk membuka wawasan untuk merefleksikan realitas dan memahami “Sang Mesias” lewat puisi-puisi yang hebat. Ini tentunya sangat menarik,” ujar Gubernur.

BACA JUGA:  Bupati Ende Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung

“Kita akui bahwa Pater Fritz melahirkan pengetahuan literasi lewat puisi – puisi religi. Ini sungguh hebat dan tentunya beliau akan dikenal dengan karyanya ini. Selayaknya seorang manusia yang hebat adalah manusia yang berbuat dan berkarya lewat pemikiran dan perasaanya untuk nantinya dibaca ataupun berguna bagi orang banyak sehingga pasti akan terus dikenang sepanjang zaman,” tambah Gubernur VBL.

Sementara itu, Pater Fritz Meko SVD, pada saat sesi diskusi bedah buku mengatakan, melalui buku tersebut ingin mengajak pembaca melakukan refleksi.

BACA JUGA:  IMPER Kupang Menggelar Kegiatan MPAB 2019/2020

“Melalui puisi ini saya ingin mengajak pembaca untuk melakukan kontemplasi dan refleksi mendalam atas kasih karunia Tuhan,” katanya.Dengan Puisi yang merupakan bentuk karya sastra dengan kata-kata yang singkat pendek tetapi pesannya sangat mendalam. Saya rasa akan lebih menyentuh para pembaca nantinya,” tambah beliau.

Di lain kesempatan, Pater Didi Hai SVD, selaku Provinsial SVD Timor juga turut memberi apresiasi. “Pater Fritz ini saya kenal baik orangnya. Dia memang sangat kreatif dan cerdas serta memiliki banyak talenta.

“Selain sebagai penulis juga sebagai budayawan, sastrawan dan juga berbakat dalam menulis lagu atau musik. Penulisan diksi yang dia pakai sangat menarik dan kita pasti terhibur dengan tulisan yang ia buat. Buku ini sebagai bukti bahwa beliau memang punya kemampuan menarasikan refleksi realitas dalam puisi-puisi religi seperti ini,” jelasnya

BACA JUGA:  Gubernur NTT,Usulkan Pengembangan Free Trade Zone di Perbatasan

Untuk diketahui, dalam laporan panitia yang disampaikan, kegiatan ini untuk mendukung program literasi bagi masyarakat.serta untuk mendidik generasi muda sehingga punya kecakapan, kualitas karakter dan punya kompetensi.