Gubernur NTT Harus Pecat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Daerah Hukum

Ruteng, SorotNTT.Com-Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) harus pecat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  Linus Lusi, S.Pd.M.Pd, atas tindakannya membangkang terhadap hukum dan melantik Ferdinandus Tahu, S.Pd, Kepala SMK Negeri 1 Wae Rii, Kabupaten Manggarai, NTT.

Sebagai informasi , Pada tanggal 16 Desember 2021 lalu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Bapak Linus Lusi, S.Pd. M. Pd, telah melantik Sdr. Ferdinandus Tahu, S.Pd, Kepala SMK Negeri 1 Wae Ri’i yang baru. 

“Tindakan Linus Lusi memecat Yus Maria Romas sebagai kepala sekolah SMK Negeri 1 Wae Rii telah dibatalkan Pengadilan Tata Usaha Negara dan putusannya telah inkracht. Kenapa Linus Lusi tidak mengaktifkan Yus Maria Romas kembali sebagai kepala sekolah sebagaimana perintah majelis hakim ? Tindakan Linus Lusi merupakan tindakan membangkang terhadap hukum,” kata pengamat dan praktisi hukum, Siprianus Edi Hardum, SH, MH.pada Senin,20/12/2021.

BACA JUGA:  Penyerahan DIPA dan DA-TKDD Tahun Anggaran 2022 Lingkup Provinsi Nusa Tenggara Timur

Edi menuturkan, Pemerintah Provinsi NTT melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kabudayaan NTT seharusnya segera mengeksekusi secara sukarela dengan mencabut SK Pemecatan atas Yus Maria Romas dan memulihkan harkat dan martabatnya.

“Kenapa malah melantik kepala sekolah yang baru ? Saya menduga ada permainan kotor dari Linus Lusi, sehingga tidak menghiraukan putusan hakim,” tutur edi. 

Edi menegaskan, Linus Lusi melantik orang baru sebagai kepala sekolah bisa dimaknai, Pertama, ia membangkang terhadap hukum. Kedua, ia menampar muka Gubernur NTT, Menteri Pendidikan Nasional dan Presiden Jokowi. Ketiga, patut diduga Linus Lusi ada permainan dengan kepala sekolah yang baru dilantik. “Saya menduga Yus Maria Romas dipecat karena ada permainan kotor,Keempat, tindakan Linus yang tidak menghargai hukum sebenarnya sedang membuat pendidikan di NTT khususnya dan Indonesia umumnya berjalan mundur.

BACA JUGA:  HUT Ke- 74 Kemerdekaan RI, Provinsi NTT Fokus Pada Pembangunan SDM secara Masif

“Karena itu saya minta Gubernur NTT dan Wakil Gubernur NTT segera copot Linus Lusi dari jabatannya,” tegas Edi.

Lanjut Edi, Yang membuat masyarakat sakit hati dengan tindakan Linus Lusi melantik Ferdinandus Tahu sebagai kepala sekolah yang baru.Padahal, Ferdinandus Tahu sedang dilaporkan ke Polres Manggarai atas dugaan tindakan pidana pemalsuan terkait membuat presensi palsu.

“Saya minta Polres Manggarai segera tetapkan Ferdinandus Tahu sebagai tersangka, dan usut tuntas semua yang terlibat”,Harap Edi.

Untuk itu Edi meminta, Kepada Gubernur NTT agar segera copot Ferdinandus Tahu dari kepala sekolah. sehingga ia (Ferdinandus Tahu) konsentrasi hadapi laporan di Polres Manggarai, dan kembali mengangkat Yus Maria Romas sebagai kepala sekolah.