Gubernur NTT Lantik tujuh kepala daerah

Gubernur NTT Lantik Tujuh Kepala Daerah

Daerah Timor

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat melantik tujuh kepala daerah, yaitu Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao, Manggarai Timur, Timor Tengah Selatan dengan masa jabatan 2019-2024 serta Bupati Sabu Raijua dalam masa jabatan tahun 2016-2021.

Pelantikan ini berlangsung di lantai II, Aula Eltari Kupang, Kamis, 14 Februari 2019 sekitar jam 10:00 Wita.

Sebelum tiba di ruang, para bupati dan wakil bupati disambut dengan tarian dari empat daerah dan disaksikan ratusan orang yang datang dari daerah asal empat bupati tersebut.

Tujuh kepala daerah yang dilantik itu pasangan Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, S.E bersama wakilnya Stefanus M. Saek, S.E, M.Si; Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, S.H, M.Hum bersama wakilnya Drs.Jaghur Stefanus; Bupati TTS,   Egusem Piether Tahun, S.T, M.M bersama wakilnya Johny Army Konay, S.H ; dan Bupati Sabu Raijua, Drs.  Nikodemus Rihi Heke, M.Si

Pelantikan diawali pembacaan sumpah dan janji jabatan yang dibacakan gubernur dan diikuti seluruh bupati dan wakil bupati. Setelah itu mereka diberkati rohaniwan dan diakhiri penandatanganan pakta integritas.

Sebelum pembacaan sumpah dan janji jabatan Gubernur NTT mengingatkan bahwa janji akan saudara/i ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara RI, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945 serta tanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat.

Janji ini disamping disaksikan oleh diri sendiri dan oleh semua orang yang hadir sekarang, juga penting sekali untuk disadari bahwa janji ini disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

pelantikan tujuh kepala daerah

Janji ini hendaknya diucapkan dalam kesadaran dan sepenuhnya dengan kemauan yang sungguh-sungguh. Janji ini adalah janji harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan dengan adanya pelantikan ini maka kekosongan yang selama ini telah terisi. Lebih dari itu, Gubernur NTT berharap agar kepala daerah terlantik hari ini bisa bekerja dengan sebaik-baiknya.

“Saya harapkan agar mereka mulai bekerja didaerah masing-masing. Selain itu agar sinkronkan program pemprov dengan program kabupaten untuk kepentingan rakyat NTT,” kata Viktor B. Laiskodat, usai pelantikan.

Penulis: Hendrikus Aditono