Gubernur VBL : ASN harus menjadi Agen Perubahan Mindset dan Perilaku

Kupang, SorotNTT.Com-Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) memberikan sambutannya dalam acara Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya bagi ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur pada hari ini, Rabu, 15 Desember 2021, bertempat di Aula El Tari, Kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur.

Gubernur VBL dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan acara hari ini jangan sekedar sebagai sebuah kegiatan rutinitas ataupun seremonial belaka, akan tetapi kegiatan ini harus mengandung makna dan nilai strategis bagi setiap Aparatur Sipil Negara, karena berkaitan erat dengan penghargaan negara dan penghargaan daerah terhadap jasa serta pengabdian yang telah diberikan oleh setiap aparatur, terutama dalam penyelenggaraan tugas-tugas kepemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di daerah Nusa Tenggara Timur.

“Kita terus menerus menerima Penghargaan Satya Lencana Karya Satya yang diberikan Presiden. Sebagai Aset dari sebuah Negara, ASN (Aparatur Sipil Negara) harus menjadi terdepan dalam pelayanan publik yang memiliki banyak gagasan, anggaran dan sumber daya lainnya untuk pembangunan dalam upaya mensejahterakan rakyat” kata Gubernur Laiskodat.

Dalam momentum penghargaan ini pula Gubernur menginginkan agar terjadi proses revolusi mental yaitu untuk merefleksi, memupuk, dan mengobarkan semangat dan jiwa kepahlawanan dalam diri kita sebagai anak-anak bangsa, khususnya dalam menunaikan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang ASN. ASN dituntut harus memiliki kemampuan fleksibilitas dan kecerdasan yang luar biasa untuk bisa mengikuti perubahan dan tekanan global yang begitu cepat dan kuat.

BACA JUGA:  Sadis, Pembantaian di Sigi Diduga Dilakukan Kelompok Teroris Ali Kalora

“Diperlukan pemimpin atau manusia-manusia yang tidak bekerja dengan standar yang biasa-biasa saja. Kita semua harus bergerak maju dan itu harus dimulai dari ASN. Saya memberikan apresiasi setingginya untuk para penerima penghargaan ini sekalian menggugah kita yang hadir disini sebagai manusia untuk mempunyai mimipi-mimpi besar dalam melayani manusia-manusia lain” ujar Gubernur VBL.

Gubernur juga memotivasi semangat ASN dalam rangka meningkatkan prestasi, inovasi dan kreativitas dalam pelaksanaan tugas, sehingga menjadi lebih baik dan profesional, sesuai tuntutan reformasi birokrasi yaitu terwujudnya aparatur yang profesional, berdaya guna dan berhasil guna. “Tanggung jawab kita bersama Aparatur Pemerintah Provinsi NTT sebagai suatu organisasi yang solid, teratur dan disiplin” papar Gubernur Laiskodat.

BACA JUGA:  Antisipasi Penyebaran Virus Corona Kapospol Mano Menutup Pasar Inpres Beamuring

Dalam berbagai bentuk penghormatan dan penghargaan yang telah diberikan oleh negara dan daerah ini, Gubernur VBL menghimbau agar ASN Provinsi NTT terus dan senantiasa memotivasi sekaligus menggairahkan kembali semangat dan dedikasi untuk terus berjuang dan berkarya bagi negara dan daerah NTT sehingga dapat mewujudkan kehidupan masyarakat NTT yang semakin sejahtera dan maju dengan merubah pola pikir. “Kebangkitan berpikir harus menjadi nomor satu. Kita harus merefleksi sudah berapa banyak yang sudah kita berikan kepada manusia lain untuk bisa tumbuh. Manusia setia terhadap pelayanan publik dan kesejahteraan umat manusia khususnya masyarakat NTT. Saya harapkan kepada para penerima pengharagaan agar bisa menggugah diri sendiri menjadi aset terpenting dalam pembangunan mindset dan perilaku dalam menuju NTT yang berubah. Kita semua harus berpartisipasi.” ujar Gubernur VBL.

Dalam akhir sambutannya, Gubernur Laiskodat menyampaikan proficiat kepada 353 Pegawai Negeri Sipil Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mendapat keistimewaan dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun dari Presiden Republik Indonesia sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang telah berjuang memajukan bangsa, masyarakat dan daerah Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA:  Wakil Ketua DPRD Matim Pantau Langsung Penggusuran Lapangan Bola di Reweng

“Selamat kepada para ASN penerima penghargaan. Bapak-Ibu adalah modal saya sebagai Gubernur untuk menjadi agen-agen penggerak perubahan mindset dalam rangka melaksanakan pelayanan publik di Nusa Teggara Timur” pinta Gubernur VBL.

Hadir dalam acara tersebut Pimpinan Forkopimda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Para Asisten Sekretaris Daerah dan Staf Ahli Gubernur, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.