Gubernur VBL Lakukan Panen Jagung Program TJPS dan Penandaan Hewan Ternak Sapi di Desa Toineke TTS

IMG 20230416 WA0030 2 jpg

SOROTNTT.COM-Gubernur NTT beserta rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya ke lokasi Dusun IV Kampung Saimei, Desa Toineke Kecamatan Kualin, TTS.

Di Kualin Gubernur melakukan panen jagung Program TJPS Periode Tanam Oktober 2022 – Maret 2023 secara simbolis di atas area 5 ha. Untuk diketahui rincian luas lahan yang siap dipanen se-Kabupaten TTS seluas 73.490 Ha ( dengan perkiraan hasil jagung 172.701 ton).

BACA JUGA:  Cerita Dibalik Kopi

Selanjutnya Gubernur VBL didaulat untuk melakukan Penandaan Hewan Ternak Sapi dengan cara pemasangan chip di lokasi panen yang telah disiapkan sebanyak 5 ekor sapi. Jumlah keseluruhan sapi se-Kab. TTS yang telah diberi Chip sebanyak 22.345 ekor dari target 215.846 ekor sapi.

Dalam arahannya, Gubernur NTT menyampaikan agar jangan kebunnya yang dipagar tetapi hewan peliharaannya yang harus dipagar.

BACA JUGA:  Gubernur VBL, Kerja Kolaboratif Untuk Menuju Kesejahteraan

“Untuk seluruh ternak harus dipagar atau dikandangkan, kebun tidak boleh dipagar, hewan yang bergerak yang harusnya dipagar. Nannti saya bicara dengan kapolres, siapa punya ternak masuk di kebun, maka yang punya kebun boleh ambil piara dan jadi miliknya, mau potong kasi mati juga boleh, saya yang tanggungjawab. Nanti kita omong dengan kapolres teknisnya,” kata Gubernur.