Habiskan Dana 3 Milliar, Proyek Gedung SMAN 4 Borong Diduga Asal Jadi

Papan nama proyek Pembangunan gedung SMAN 4 Borong dan SMAN 5 (Foto : Dodi Hendra)

Borong,Sorotntt.com – Kualitas Proyek Pembangunan gedung SMA Negeri 4 Borong, di Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) Diduga dikerjakan asal jadi.

Pasalnya, gedung yang baru saja selesai dikerjakan tersebut,kini sudah mengalami kerusakan. Bahkan, sejumlah item pekerjaan terlihat belum tuntas. Misalnya, dinding bagian luar pada salah satu gedung belum diplaster.

Tak hanya itu, Pantauan media ini pada Rabu, 16 Maret 2022 lalu, cat dinding gedung di bagian sisi barat sudah terkelupas. Hingga sisi barat pada bangunan itu terlihat miring.terpantau juga ada potongan kayu yang dibiarkan tertanam ke dalam campuran fondasi.

Kondisi gedung SMAN 4 Borong sudah terkelupas(Foto:Dodi Hendra)

Selain itu, kondisi lantai gedung di bagian timur tepatnya dibelakang kantor sekolah, sudah mengalami keretakan. Bahkan, lantainya sudah terkelupas.

“Proyek gedung ini sudah selesai dikerjakan sekitar dua minggu yang lalu pak. Lokasi proyeknya ada dua, satunya di SMAN 5 Borong. tapi kami dengar sampai sekarang belum di PHO,” kata seorang guru SMAN 4 .

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Dorong Perlunya Terobosan soal Energi Terbarukan di ASEAN-ROK

Kepala SMAN 4 Borong, Benyamin Juma, membenarkan jika proyek pembangunan gedung itu sudah selesai dikerjakan oleh CV. Gasindo pada beberapa pekan lalu. Kata dia, staf dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT mendatangi lokasi proyek untuk melakukan pemeriksaan progres pada proyek tersebut.

Kondisi lantai bangunan gedung SMAN 4 Borong sudah retak (Foto: Dodi Hendra)

“Betul pak. Minggu lalu orang Dinas P & K NTT datang cek ke lokasi.namu kami tidak mengetahui persis apakah mereka datang PHO (Provisional Hand Over) atau tidak,” kata Benyamin saat dihubungi wartawan Minggu, 27 Maret 2022.

Berdasarkan penelusuran wartawan di di LPSE Provinsi NTT, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengalokasikan angaran milliran untuk pembangunan gedung SMAN 4 Borong, dan Gedung SMAN 5 Borong yang berlokasi di Desa Benteng Raja, Kecamatan Borong. Total anggaran pada proyek ini sebesar Rp.3.766.000.000 yang bersumber dari DAK tahun anggaran 2021.

BACA JUGA:  Bupati Hery Nabit: Aset Daerah Harus Digunakan Oleh Orang Yang Berhak Atau Masih Aktif

Proyek ini dikerjakan oleh CV. Gasindo dan Kontraktor Perencana PT. Konindo Pano Rama Konsultan, Kontraktor Pengawas CV Saba Konsultant.

Dikonfirmasi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas P & K NTT, Wens Gampur mengatakan, terkait pekerjaan gedung SMAN 4 dan SMAN 5 borong menjadi satu paket dari 66 sekolah 35 paket. Nanti untuk mengetahui lebih dan kurangnya akan dilakukn audit oleh BPK dan inspektorat. Sekarang kami masih olah data dengan BPK terkait administrasi.

“Anggarannya masing-masing gedung. jadi kelebihan/kekurangan gedung yang satu tidak dapat disubsidi atau mensubsidi gedung yang lain”. Kata wens kepada media ini Sabtu,2/4/2022.

Kayu dibiarkan tertanam didalam fondasi (Foto: Dodi Hendra)

Lanjut Wens menjelaskan, Dampaknya bahwa antara gedung yang satu dengan yang lain bisa saja ditemukan tidak seragam. seperti, ada yang keramik dan ada yang tidak keramik. Bahkan, sampai plaster juga seperti itu.

BACA JUGA:  Pimpin Upacara Purna Tugas Anggota, Ini Pesan Dandim Jembrana

“Sampai saat ini rekanan baru dibayar 50%. karena tunggu tuntas baru 100%. Dan mereka diberikan waktu untuk memperbaiki dan melengkapi yang kurang dilapangn ada juga yang lebih. seperti pekerjaan pondasi baik ketinggian maupun urugan. Pekerjaan pematangn lapangn juga mereka kerja tetapi tidak ada dalam anggaran”, tutupnya.

Sementara, hingga berita ini diturunkan media ini masih berupaya konfirmasi kepada kontraktor pelaksana.

Penulis : Dodi Hendra