Hanya Ditutup Beberapa Jam, Layanan IGD RSUD Ruteng Kembali Dibuka

Daerah

Ruteng, sorotntt.com – Pelayanan di Ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ben Mboi Ruteng sempat ditutup sementara, Rabu 13 Januari 2021.

Penutupan sementara layanan IGD itu disinyalir merebaknya kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Manggarai dan faktor resiko yang terjadi pada Petugas Medis pasca meninggalnya satu Pasien Positif Covid-19 di RSUD Ben Mboi Ruteng yang awalnya sempat dilayani melalui IGD.

Lodi Moa, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai per telepon menjelaskan bahwa penutupan layanan IGD yang diinformasikan oleh Tata Usaha BLUD RSUD Ben Mboi Ruteng melalui surat bernomor: RSUD, 445.6/21/1/2021 itu hanya berlangsung sementara dan tidak lewat dari 1 kali 24 jam.

BACA JUGA:  Pertumbuhan Ekonomi NTT Tahun 2019 Tumbuh Sebesar 5,20 Persen

Surat yang ditandatangani oleh Maksimilian S. Kolbey selaku Kepala Tata Usaha itu memang menuai banyak komentar pedas dari Masyarakat yang tidak sepakat dengan opsi yang diambil pihak RSUD.

Menurut Lodi, redaksi surat yang dikeluarkan oleh RSUD Ben Mboi Ruteng itu memang belum jelas sampai ke maksud dan tujuan sehingga menuai ragam komentar dari Masyarakat. Meskinya redaksi kalimat dalam surat itu harus ditambah.

“Tadi memang ada kurang sedikit di redaksi suratnya, meski ada tambahan alasan serta maksud dan tujuan mengapa layanan IGD RSUD Ben Mboi ditutup sementara” Jelas Lodi.

BACA JUGA:  Mentan : Semua Kabupaten Harus Bisa Ekspor Komoditi Pertanian

Ia pun menjelaskan selain mempertimbangkan aspek resiko penyebaran Covid-19, pihaknya juga beralasan bahwa penutupan sementara layanan itu karena ada proses disinfeksi terhadap Petugas Medis yang sempat melayani Almarhum Pasien Positif Covid-19 di IGD.

“Tadi kan ada satu Pasien Covid-19 yang meninggal. Merespon itu Satgas berinisiatif agar para Petugas Medis IGD yang sempat melayani Pasien yang meninggal itu untuk segera didisinfeksi supaya terhindar dari resiko Covid-19. Dengan begitu layanan IGD Kami tutup sementara untuk beberapa jam kedepan dan nanti akan dibuka kembali apabila proses disinfeksinya selesai” Terang Lodi.

Lodi juga menginformasikan bahwa proses disinfeksinya sudah selesai. Pelayanan IGD pun sudah berjalan normal kembali sejak sore tadi.