Hasil Uji Kompetensi Prodi Kebidanan Dan Prodi Ners STIKes Maranatha Kupang Terbaik di NTT

Daerah

KUPANG, SorotNTT.Com-Hasil Uji Kompetensi (UKOM) periode Oktober-November 2020 yang hasilnya keluar Kamis (10/12/2020) dimana program studi (Prodi) Kebidanan STIKes Maranatha Kupang memperoleh hasil kelulusan Firstaker /baru pertama kali ujian 91% sedagkan Reteker/ yang sudah pernah ikut uji kompetensi 73%. Hasil kali ini meningkat dibandingkan hasil UKOM pada periode Juli 2020 lalu dimana Firstaker 80,24% dan Reteker 66.95%.

UKOM Ners pada tahun ini tetap dilaksanakan walaupun selama masa Pandemi COVID-19. Kamis, 10/12 telah diumumkan hasil UKOM Ners Periode Oktober 2020. Tanggal Pelaksanaannya adalah 16-19 Oktober 2020 dengan Jumlah peserta seluruhnya adalah 161 yang diantaranya terbagi atas 98 first taker 53 retaker. Persentase kelulusan first taker adalah 63%.

Dari hasil UKOM priode Oktober-November 2020 ini Prodi Ners dan Kebidanan STIKes Maranatha Kupang Menduduki peringkat tertinggi di NTT, Adanya peningkatan positif dari hasil UKOM kali ini Ketua STIKes Maranatha Kupang ‘Stefanus M.Kiik, S.Kep. Ns.,M.Kep.,Sp. Kep.Kom’ turut memberi apresiasi kepada Civitas Akademika yang selama ini bekerja keras dalam upaya meningkatkan Mutu Pendidikan dan Yayasan Maranath NTT selaku badan penyelenggara mendukung mendukung kegiatan ini

“Hasil UKOM Ners dan bidan periode oktober-November ini mengalami peningkatan. Hal ini merupakan Hasil perjuangan dan kerja keras dari Para Dosen, lulusan, Tenaga kependidikan. Namun perlu upaya yang lebih terstruktur agar hasil tersebut lebih baik lagi ke depan. Hal ini tentunya diperlukan dukungan yayasan Maranatha NTT selaku Badan penyelenggara sehingga meningkatkan motivasi dosen dan tenaga kependidikan.”

Dengan adanya peningkatan pada hasil UKOM kali ini Ka.Prodi Kebidan STIKes maranatha ‘Roslin E.M. Sormin, SST., M.Kes’ berharap agar Institusi tetap menjadi favorit bagi para lulusan SMA/SMK yang baru lulus juga Orang Tua yang ingin anaknya menjadi Bidan yang profesional di NTT.

“Ini semua berkat kerjasama semua tim baik Dosen dan Pengelola institusi. Kami berharap kedepannya hasil ini akan lebih baik lagi sehingga masyarakat dapat melihat dan memilih Prodi Kebidanan STIKes Maranatha Kupang sebagai pilihan terbaik utk mendidik putri mereka menjadi seorang tenaga kesehatan (bidan) yg profesional di NTT.

Juga dgn hasil ini kami berharap pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan Prodi Kebidanan STIKes Maranatha untuk membantu dalam hal sarana prasarana, kebijakan dan dukungan lainnya agar Prodi Kebidanan STIKes Maranatha dapat menjadi yg terbaik di NTT bahkan dpt bersaing di tingkat Nasional. Demikian juga kami berharap bidan lulusan STIKes Maranatha Kupang dapat diserap oleh institusi kesehatan milik pemerintah maupun swasta menjadi tenaga profesional di RS, Puskesmas, Klinik atau institusi kesehatan lainnya.Akhirnya saya juga berharap agar semua bidan alumni STIKes Maranatha Kupang dapat terus mengupdate pengetahuan dan keterampilannya.”

Ka Prodi Nesr STIKes Maranatha ‘Ni Made Merlin S.Kep.,Ns.,M.Kep’ menyampaikan Upaya yang telah dilakukan oleh Prodi Ners STIKes Maranatha adalah proses pembimbingan selama dua minggu untuk menganalisis soal-soal UKOM dengan BANK SOAL yang telah disusun oleh Prodi Ners.

“Kami ketahui bahwa persentase kelulusan ini sudah lebih baik dibanding lulusan lainnya tetapi kami tetap berupaya untuk meningkatkan lagi persentase kelulusan. Hal-hal yang menjadi perhatian diantaranya yaitu: metode pembimbingan akan diperbaiki lagi, intensitas pembimbingan lebih lama dari sebelumnya, penekanan pada saat try out UKOM dan penggunaan Mobile Sinersi. Upaya-upaya diatas akan dilaksanakan untuk meningkatkan persentase kelulusan periode selanjutnya, ditambah lagi Exit Exam akan mulai diberlakukan pada Januari 2021. Dan hal ini menjadi perhatian khusus bagi kami untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi exit exam.”