Kepsek SMA Negeri 2 Macang Pacar Melantik Pengurus OSIS Periode 2022-2023

Labuan Bajo, Sorotntt.com -Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 2 Macang Pacar menyelenggarakan pemilihan Ketua OSIS periode 2022-2023 pada Sabtu, (5/2/202) di lapangan upacara bendera SMA Negeri 2 Macang Pacar dan dilaksanakan secara demokrasi dengan disiplin sesuai mekanisme yang dibuat panitia dan pembina OSIS.

Sebelum proses pemilihan, para kandidat yang berjumlah 6 orang diminta untuk memaparkan visi dan misinya di hadapan seluruh warga SMA Negeri 2 Macang Pacar.

Menurut Kepala SMA Negeri 2 Macang, Yufentus Panok, S.Pd.,Gr saat pelantikan pengurus OSIS Senin, (7/2/2022) mengungkapkan bahwa pelantikan atau pengukuhan dalam acara ini, bukanlah sebuah acara seremonial belaka, akan tetapi dijadikan sebuah momentum  balutan sumpah yang menjadikan diri kalian sebagai pengurus OSIS yang penuh  tanggung jawab.

“Menjalankan  roda organisasi tidaklah mudah, kalian harus tekun belajar dan proaktif dalam berbagai kegiatan, bekerjalah sebagai pengurus Osis baru yang handal, kuat dan mencintai Ilmunya, berkoordinasi dengan baik dilingkup sekolah mulai dari Pembina  Ekskul, sesama siswa, guru, sampai pada kepala sekolah sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar, terarah dan terukur,” Pungkas Yufen

Lebih lanjut Ia menandaskan “Ibarat sapu lidi kalau kita menyapu halaman sekolah menggunakan sebatang lidi saja pasti pekerjaannya lama diselesaikan bahkan tidak bisa selesai, tetapi kalau sapu  lidi itu diikat menjadi  satu ikatan pasti dengan mudahnya pekerjaan itu selesai. Sebalikpun  kita di Lembaga  ini kalau berjalan sendiri, bekerja sendiri pasti pekerjaan itu rasa sulit tetapi  Kalau kita bekerja sama ,satukan komitmen sesulit apapun pekerjaannya pasti bisa diselsaikan dengan mudah dan pasti hasilnya sangat  memuaskan,” Tandas Yufen

BACA JUGA:  Kapolsek Kuwus Bersama Masyarakat Giat Bhakti Gotong Royong Membersihkan Material Lonsor
Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Macang Pacar (Tengah) bersama pengurus OSIS yang baru di lantik

Salah satu pembelajaran mental, pembelajaran administrasi kata Yufen yaitu bisa siswa dapatkan dan pelajari di organisasi tersebut, karena kelak dikemudian hari siiswa akan membutuhkan hal demikian karena siswa itu  sendiri adalah calon-calon  pemimpin handal.

“Melatih diri untuk menjadi sosok pemimpin yang bertanggung jawab, berlatih dan terus aktif dalam bidang kegiatan, tanamkan jiwa sosial kalian pada lingkungan sekolah  karena dalam acara pelantikan ini adalah sebuah ikatan sumpah yang disaksikan banyak mata, kalian semua harus mengerti arti dari ikarar tersebut, dan menjalankan roda oraganisasi dengan benar dan baik dengan penuh tanggung jawab ,menjaga nama baik lembaga,” Imbuhnya

Lebih lanjut Yufentus, Sebagai Pelajar siswa/i di sekolah kita yang tercinta ini, kalian harus sadar akan kewajiban untuk menjadi siswa yang baik, Panutan bagi siswa-siswi lain, mengukir prestasi untuk masa depan, serta membahagiakan orang tua dengan prestasi belajar yang baik, untuk itu saya berpesan untuk tetap  semangat belajar, tingkatkan prestasi kalian agar kelak menjadi manusia yang berguna bagi keluarga, nusa bangsa dan negara, serta agama.

BACA JUGA:  Pastor Paroki Pacar Rayakan Misa Minggu Prapaskah I di Gua Maria Watu Hengkal

“Ukirlah masa depan  dengan penuh cahaya, kejarlah cita-cita setinggi langit , giat mencari ilmu, taat dan patuh kepada orang tua, menghormati guru, hingga menjadi orang yang berguna. Marilah kita maju Bersama ,We can (Kita bisa) tetaplah jaya SMAN 2 Macang Pacar  maju terus pantang mundur,” tegasnya.

Sementara itu, pembina OSIS SMA Negeri 2 Macang Pacar Andreas Didit, S.Pd mengatakan bahwa peserta didik yang hadir yakni 646 orang. Pemilihan tersebut berkaitan erat dengan masa kepemimpinan para pengurus OSIS sebelumnya yang akan segera berakhir.

Lanjut Andreas bbahwa dirinya mendorong semua peserta didik untuk memilih perwakilannya di masing-masing kelas sesuai jenjang pendidikan. Melalui proses pemilihan tersebut, ia berharap agar para pengurus OSIS yang telah dipilih bisa menjalankan tugasnya secara bertanggungjawab.

“Kegiatan pemilihan Ketua OSIS ini dilaksanakan yang pasti karena berhubungan dengan masa kepengurusan OSIS lama yang akan berakhir sehingga perlu diadakan pemilihan ketua dan pengurus OSIS yang baru. Saya juga berharap pengurus OSIS yang baru bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara baik,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Kunjungi TTS, Jokowi :2024 Angka Stunting Nasional Harus Capai 14%

Sementara itu, salah seorang peserta didik yang juga terlibat dalam proses pemilihan tersebut, Kristianus Garman mengungkapkan bahwa dirinya merasa puas dan bangga atas terlaksananya momen tersebut. Ia pun berharap agar para pengurus OSIS yang baru bisa mengembangkan visi dan misinya secara baik.

“Ketika saya mengikuti pemilihan hari ini Ketua OSIS, menurut saya pilihan saya tepat dan saya sangat puas kalau memilih pilihan saya. Harapan saya. Jika sudah terpilih nantinya bisa mengembangkan kegiatan disekolah sesuai dengan visi dan misi yang disampaikan,” pungkasnya. (HD/P)