Ini Tips Kunci Ketahanan Keluarga Versi P2KBP3A Matim

Borong,Sorotntt.com– Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) gelar sosialisasi Peningkatan Kualitas Keluarga dan Pemberdayaan Perempuan, di Dampek, Ibu Kota Kecamatan Lamba Leda Utara (LAUT), Matim, Prov. NTT, Rabu (23/02/2022).

Melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Peningkatan Keluarga Sejahtera,Maria Restituta Ratna, menyampaikan lima rahasia kunci ketahanan kualitas hidup berkeluarga dan pemberdayaan perempuan di hadapan 49 pesrta sosialisasi yang terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui dan ibu rumah tangga di LAUT.

Menurut Maria Restituta Ratna, bahwa lima rahasia kunci ketahanan kualitas hidup berkeluarga adalah, pertama, dimensi legalitas keutuhan keluarga. Dimensi legalitas keutuhan keluarga dimana erat kaitannya dengan legalitas hubungan dua orang manusia sebelum menjadi suami istri melalui langkah dan tahapan adat yang benar. kemudian didaftarkan sebagai pasangan suami istri untuk dikukuhkan menurut keyakinan masing – masing, dan tercatat dalam dokumen kependudukan pemerintah.

BACA JUGA:  Dugaan Korupsi Proyek Jaringan Air Bersih Desa Rana Mbeling, Pagunya Nyaris Setengah Miliar
Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Peningkatan Keluarga Sejahtera Kabupaten Matim, Maria Restituta Ratna saat melakukan sosialisasi kepada masyarakat Laut (Foto:Jonas Domo)

Kedua, ketahanan fisik. fisik ini menyangkut kesehatan keluarga baik fisik maupun kesehatan psykologi.Kemudian dia juga menambahkan bagian ketiga, keempat dan kelima.

“Ketiga, keempat dan kelima adalah dimensi ketahanan ekonomi atau soal finansial keluarga, ketahanan sosial dan psykologi berkaitan dengan emosional serta ketahanan sosial budaya,”Jelasnya.

BACA JUGA:  Pertama Masuk Kantor, Frans Ketang Disambut Upacara Adat Depan Kantor Desa Golo Linus

Ditempat yang sama Camat LAUT, Agus Supratman, saat membuka dan menutup kegiatan bertukar pengalaman soal peningkatan kualitas hidup keluarga dan pemberdayaan perempuan

“Keluarga memiliki peranan yang sangat penting di dalam lingkungan, masyarakat dan bangsa,”Kata Agus.

Lima pokok pengalaman Agus yang dibagi kepada peserta sosialisasi adalah soal kewajiban keluarga demi meningkatkan kualitas hidup berkeluarga ; Pertama, Keluarga wajib membangun hubungan baik internal keluarga. Kedua, keluarga wajib memiliki hubungan baik dalam lingkungan sosial. Ketiga, Keluarga wajib memiliki hubungan baik dengan sesama. Keempat, keluarga wajib memiliki hubungan baik dengan alam. Kelima, Keluarga wajib memiliki hubungan baik dengan Tuhan.