Ini Tujuan Kodim 1604/Kupang Gelar Sosialisasi P4GN

Daerah

Kupang, SorotNTT.Com-Guna memberikan pemahaman serta mencegah dan memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba, Kodim 1604/Kupang melalui Staf Intel melaksanakan sosialisasi atau penyuluhan tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Triwulan III TA. 2020 yang diikuti oleh 50 orang prajurit dan ASN Kodim 1604/Kupang dan dilanjutkan tes urine kepada prajurit dan ASN Kodim 1604/Kupang, Rabu (23-09-2020).

Acara dilaksanakan di Makodim 1604/Kupang Jln. Mohammad Hatta No.22, Kelurahan Fontein, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

Komandan Kodim 1604/Kupang Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu melalui Pasi Intel Kodim 1604/Kupang Mayor Inf Mohammad Haryono menyampaikan dalam pembukaannya menyampaikan bahwa sosialisasi atau penyuluhan P4GN adalah salah satu cara yang tepat guna menjelaskan bahaya narkoba dan cara mencegahnya agar kita tidak terjebak didalamnya, dengan cara kita wajib mengetahui apa saja jenis obat dan tanaman yang tergolong dalam Narkotika. Kegiatan ini merupakan program dari Komando Atas yang harus kita laksanakan, dengan kegiatan semacam ini kita terus diingatkan agar menjauhi Narkoba.

“Perlu kita pahami bersama, bahwa Narkoba merupakan suatu zat ataupun obat yang apabila dimasukkan kedalam tubuh manusia akan mempengaruhi fungsi fisik dan psikologi, penurunan kesadaran, menghilangkan perasaan dan membuat orang yang mengkonsumsinya seakan mendapatkan kenikmatan yang tak terhingga. Hal inilah yang dapat menimbulkan efek terberat bagi kesehatan para pemakainya, yaitu rasa ketergantungan atau keinginan yang sangat kuat untuk selalu memakainya,” kata Pasi Intel.

Begitu besar dan berbahayanya dampak penyalahgunaan narkoba bagi kehidupan khususnya para prajurit dan ASN Kodim 1604/Kupang dan jajaran, Mayor Inf Haryono memberikan penekanan kepada prajurit dan ASN untuk  tidak mencoba, mendekati, mengedarkan dan mengkonsumsi barang haram tersebut.

“Saya ingatkan kepada seluruh prajurit dan ASN, jangan pernah sekali-kali mencoba atau penasaran dengan yang namanya Narkoba dan sejenisnya, karena sekali terjerumus di dalamnya maka akan sangat susah untuk lepas dari pengaruh Narkoba. Tanamkan dalam jiwa masing kita, Say No To Drug,” tuturnya.

“Pasi Intel menambahkan jangan pernah bosan dalam mengingatkan warga binaan untuk menghindari Narkoba, apalagi jangan sampai anggota Kodim 1604/Kupang tersangkut Narkoba.

“Bagi Tentara Nasional Indonesia khususnya para aparat komando kewilayahan harus selalu aktif dalam hal Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) karena hal tersebut merupakan permasalahan yang menjadi tanggungjawab para Babinsa di wilayah binaannya,” ujarnya.

Mulailah antisipasi dari lingkungan keluarga, proteksi keluarga kita akan bahaya Narkoba. Kenali tanda-tanda penyalahgunaan Narkoba agar kita mampu mencegah dan mengatasi penyalahgunaan Narkoba.

Para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 1604/Kupang yang hadir melaksanakan pemeriksaan urine (air seni) sebelum dan seusai mengikuti sosialisasi secara bergantian. Hasil kegiatan pemeriksaan urine tersebut digunakan sebagai barometer keterlibatan penggunaan narkoba. Dari pengecekan urine secara acak kepada 50 orang prajurit Kodim, tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba.(Pendim1604/Kupang)