Jajaran Kodim 1612 Manggarai Mengikuti Rapat Koordinasi Dengan Stakeholder Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Manggarai Tahun 2020.

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com- Jajaran Kodim 1612 Manggarai menggikuti rapat koordinasi dengan stakeholder Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manggarai tahun 2020, Minggu(6/12/2020).

Kegiatan ini dimulai pukul 12.00 wita bertempat di Aula Efata, Jalan Ahmad Yani Kelurahan Tenda Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai.

Rapat ini dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia Mpd yang dihadiri oleh Kasdim 1612 Manggarai Mayor Chb I Wayan Subrata, Pasi Intel Kodim 1612 Manggarai Lettu inf Falentinus Lanar, Komisioner Bawaslu, Ketua KPU Thomas Aquino Hartono, SH. MH, Sentra Gakkumdu 2 orang, Tokoh Agama, Staf PLN Ruteng 2 orang, Perwakilan dari Media 3 orang.

Dalam sambutanya Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai menyampaikan bahwa kegiatan kita hari ini adalah untuk menyampaikan persiapan-persiapan kita terkait Pilkada Manggarai dalam pengawasan terhadap penyelenggaraan pilkada.

Rapat hari ini juga kami harapkan kepada stakeholder untuk memberikan informasi tentang strategi dengan kesiapan pengamanan Pilkada.
Panwascam kami berjumlah 36 orang dan pengawas TPS berjumlah 696 orang.

Komisioner Bawaslu Heribertus Harun bahwa juga menyampaikan beberapa poi terkait indikator TPS rawan yaitu:-Memilih sejarah pelanggaran yang cukup tinggi.-menjadi wilayah domisili Paslon dan relawan.-pemilih banyak yang tidak berada di rumah pada saat hari pencoblosan.

Potensi pelanggaran yaitu-Pemilih tidak memenuhi syarat yang terdapat dalam DPT.-pemilih yang memenuhi syarat tetapi tidak dimasukkan dalam DPT.-banyaknya jumlah pemilih tambahan.-tidak menyalurkan surat pemberitahuan atau C6 kepada pemilih atau tidak tepat sasaran.-manipulasi data oleh panitia-adanya mobilisasi massa oleh Paslon pada saat hari pemungutan.

Pada hari pemungutan Bawaslu juga fokus pengawasan terhadap Paslon, tim sukses, relawan maupun tim, aparatur pemerintah setempat, KPPS.
Untuk aktivitas pengawasan Bawaslu melakukan patroli bersama stakeholder, mencatat apabila ada kejadian, laporan temuan dilaporkan, didokumentasikan dan ditindaklanjuti.

Sementara Komisioner Bawaslu lainya Alfan Manah SH juga menyampaikan bahwa potensi potensi pelanggaran di masa tenang adalah adanya money politik dan kita berusaha memanilisir pelanggaran pelanggaran itu.

Bawaslu juga melakukan pencegahan agar tidak terjadinya pelanggaran dengan agenda-agenda tersembunyi oleh Paslon di massa tenang ini.

Upaya kami selama ini yaitu melakukan penindakan terhadap pelanggaran terutama kepada penyelenggara, ASN TNI-Polri dan untuk sengketa proses pemilih kami beri kewenangan kepada panwascam untuk melakukan prosesnya.

Pada saat itu juga Ketua KPU Kabupaten Manggarai Thomas Aquino Hartono SH MH menyampaikan bahwa semua tahapan pilkada berpotensi menjadi masalah.

KPU Kabupaten Manggarai menyelenggarakan Pilkada Kabupaten Manggarai harus berkualitas baik dari sisi proses maupun hasil dan kami tidak hanya fokus terhadap hasil tapi kami fokus juga terhadap proses.

Berkaitan dengan akurasi data pemilih pada bagian awal saya sampaikan semua tahapan mempunyai potensi untuk menjadi masalah tetapi yang menjadi paling potensi masalah adalah proses-prosesnya maupun outputnya yang dikeluarkan oleh KPU seperti DPT.

Untuk menurunkan seluruh APK memang masalah bersama tetapi dalam UU sudah diatur masing-masing panwascam untuk menurunkan seluruh APK.

Sementara Kasdim 1612 Manggarai juga menyampaikan bahwa sangat diharapkan proses Pilkada ini berjalan sesuai dengan aturan yang berkaku.

Pada saat bertugas di lapangan kita harus mengerti tugas kita masing-masing, ini diperlukan untuk meminimalisir pelanggaran.

TNI dalam Pilkada statusnya mendukung polri dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilkada .

Kedepannya Kodim 1612 Manggarai akan melakukan patroli bersama Polri sampai selesainya Pilkada.

Hari ini juga kami sudah memasang tenda di kantor Bawaslu untuk melakukan pengamanan dan melakukan pengamanan di Kantor KPU.

Kita berharap pada Pilkada Kabupaten Manggarai harus betul-betul mematuhi protokol kesehatan paling tidak pada saat hari pemungutan memakai masker, mencuci tangan sebelum pencoblosan dan menjaga jarak.